Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
| |

Kamis, 01 November 2012

PENDIDIKAN KELAS RANGKAP


UNIT 1           : HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

SUBUNIT 1    : Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
Latihan
1. Diskusikan dengan teman-teman, bagaimana pendapat Anda tentang perangkapan kelas, dan mengapa hal itu bisa terjadi?
Jawab :
Perangkapan kelas yaitu suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung arti bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda.
Hal ini terjadi karena alasan sperti berikut :
a. Alasan geografis seperti Lokasi pembelajaran yang sulit dijangkau, terbatasnya sarana transportasi, dan pemukiman penduduk yang jaraknya berjauhan, serta adanya ragam mata pencaharian penduduk.
b. Alasan demografis seperti mengajar murid dalam jumlah yang sedikit atau murid yang tinggal di daerah yang jarang penduduknya.
c. Kekurangan guru karena sedikit yang mau jadi guru utamanya di daerah terpencil.
d. Keterbatasan ruang kelas
e. Kehadiran guru yang rendah
2. Apakah perangkapan kelas juga merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah? Berilah alasan Anda
Jawab :
Perangkapan kelas bukan menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah akan tetapi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Alasannya yaitu PKR dapat memenuhi asas jumlah dan pemerataan, salah satu cara masyarakat dan pemerintah mengurangi biaya pendidikan, mampu meningkatkan kemandirian murid, dan sekolah dapat didirikan di lokasi yang mudah di jangkau oleh anak.
3. Kemampuan khusus apa apakah yang Anda perlukan, agar PKR dapat dilaksanakan dengan baik? Berilah penjelasan
Jawab :
Kemampuan khusus yang saya perlukan agar PKR dapat dilaksanakan dengan baik yaitu :
a. Kemampuan manajemen agar mampu mengatur jalannya PKR
b. Kemampuan pedagogik agar mampu meningkatkan kemandirian murid
c. Kemampuan kontak psikologis agar mampu menciptakan minat anak agar merasa mendapat perhatian dari guru.
d. Kemampuan menguasai berbagai teknik dan metode mengajar agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar serta menghasilkan output yang memuaskan.
e. Kemampuan memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk mendukung jalannya PKR
Tes Formatif 1
1)Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan guru dalam waktu yang bersamaan mengajar di…
A. dua kelas dalam satu ruang
B. dua kelas atau lebih dalam satu atau lebih ruangan
C. satu kelas dengan kemampuan yang berbeda dan berada dalam satu ruangan
D. dua kelas dalam dua ruangan
Jawab :  B. dua kelas atau lebih dalam satu atau lebih ruangan
2) PKR diterapkan karena berbagai alasan, terutama karena adanya kekurangan…
A. guru
B. ruangan
C. murid
D. sarana
Jawab :  A. guru
3) PKR mempunyai manfaat praktis sebagai berikut, kecuali…
A. dapat mendidik murid yang mampu mandiri
B. ekonomis
C. menghemat waktu dan tenaga
D. dapat meningkatkan jumlah dan memeratakan kesempatan belajar
Jawab :  C. menghemat waktu dan tenaga
4) Istilah pembelajaran mengandung makna bahwa belajar terjadi dengan…
A. bimbingan guru
B. bimbingan tutor
C .berbagai cara, dengan atau tanpa guru
D. berbagai cara yang ditetapkan oleh guru
Jawab :  C .berbagai cara, dengan atau tanpa guru
5)Sebagai salah satu bentuk pembelajaran, PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum, prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…
A. guru harus memperhatikan kemampuan murid yang berbeda-beda
B. pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
C. guru harus berusaha meningkatkan keaktifan murid
D. penguatan dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar
Jawab :  B. pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
6)Secara khusus, PKR mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…
A. kadar tinggi WKA
B. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C. kontak psikologis guru-murid yang berkelanjutan
D. guru berperan sebagai fasilitator
Jawab :  D. guru berperan sebagai fasilitator
7) Kadar tinggi WKA ditentukan oleh berbagai factor antara lain…
A. banyaknya waktu menunggu
B. kualitas dan kuantitas pengalaman belajar
C. jumlah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas rutin
D. kualitas dan jumlah pesan kurikulum yang disampaikan guru
Jawab :  B. kualitas dan kuantitas pengalaman belajar
8)Ibu Santi yang merangkap kelas IV dan kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV ketika beliau melihat kelompok ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A. kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
B. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C. kebiasaan mandiri
D. pemanfaatan sumber secara efisien
Jawab :  A. kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
9)Bapak Marthen yang sedang merangkap kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai untuk membantu beberapa temannya menyelesaikan tugas yang diberikan. Tindakan pak Marthen ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A. kadar tinggi WKA
B. kebiasaan mandiri
C. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
D. pemanfaatan sumber secara efisien
Jawab :  D. pemanfaatan sumber secara efisien
10) Mealui PKR dapat ditanamkan kebiasaan mandiri pada diri murid karena dalam PKR, murid lebih banyak mendapat kesempatan untuk…
A. bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya
B. belajar sesuai dengan keinginannya
C. membantu guru
D. membantu teman
Jawab :   A. bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya

SUBUNIT 2    : Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan
Latihan
1. Apakah pembelajaran kelas rangkap dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih? Berilah alasan Anda bila PKR dapat dilaksanakan dalam satu ruang dan juga berilah alasan bila PKR dapat dilaksanakan dalam dua atau lebih ruang kelas.
Jawab :
PKR dapat dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih sesuai dengan kondisi yang ada.
PKR dilaksanakan dalam satu ruang kelas jika jumlah murid yang ada tidak terlalu banyak sehingga dapat menampung jumlah murid yang ada. Sementara itu, PKR dilaksanakan dalam dua ruang kelas atau lebih jika jumlah murid yang ada tidak memungkinkan untuk satu kelas saja sehingga perlu dua atau lebih ruang kelas.
2. Sebutkan dan jelaskan kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi apabila Anda melaksanakan pembelajaran kelas rangkap.
Kesulitan-kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran kelas rangkap yaitu sebagai berikut :
- sulit mengatur waktu yang ada agar pembelajaran berlangsung maksimal
- sumber daya yang ada kadang tidak mendukung sehingga PKR tidak berlangsung sesuai yang diharapkan
- banyaknya tugas-tugas yang berhubungan dengan tugas guru yang harus diselesaikan bersamaan dengan proses belajar mengajar yang sedang berlangsung.
3. Selama Anda mengajar satu atau dua jam pelajaran pada dua kelas yang berada di dua ruangan, berapa waktu yang terbuang begitu saja? Dan kapankah Anda paling banyak melakukan pemborosan waktu tersebut?
Jawab :
Selama saya mengajar satu atau dua jam pada dua kelas yang berada di dua ruangan, maka waktu yang terbuang begitu saja adalah sekitar 15 sampai 30 menit. Waktu akan banyak terbuang ketika masuk dalam kegiatan awal dan inti pembelajaran karena membutuhkan waktu yang relatif banyak pula.
4. Cobalah minta teman Anda mengamati cara mengajar Anda dengan praktik PKR, kemudian hasilnya diskusikan bersama, sudahkah Anda melaksanakan PKR dengan benar?
Jawab :
Dalam praktik mengajar dengan PKR, saya belum mampu melaksanakan PKR dengan benar karena beberapa faktor seperti masih belum mampu mengatur waktu dengan tepat agar tidak banyak yang terbuang percuma dan belum maksimal dalam memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk mendukung terciptanya proses belajar yang efektif dan efisien.
Tes Formatif 2
1.Seorang guru mengajar dengan merangkap kelas 3 dan kelas 4. Guru masuk di kelas 3 dan mulai menjelaskan konsep, sementara kelas 4 menunggu, setelah selesai guru baru masuk ke kelas 4, sementara kelas 3 menyalin dari papan tulis. Peristiwa itu tidak sesuai dengan prinsip PKR yang ideal karena ….
A. murid tidak aktif belajar
B. pelajaran terjadi secara bergilir
C. guru banyak mondar-mandir
D. murid belajar dalam dua ruang kelas
Jawab :  B. pelajaran terjadi secara bergilir
2.Berkaitan dengan peristiwa pembelajaran pada no 1, kelas 4 harus menunggu, beberapa saat sehingga……
A. murid menjadi rebut
B. kadar WKA rendah
C. suasana kelas tidak menyenangkan
D. sumber belajar tidak dimanfaatkan
Jawab :  B. kadar WKA rendah
3. Penerapan PKR yang ideal akan memungkinkan terciptanya hal-hal berikut, kecuali…..
A. terjadinya kerjasama antar murid
B. adanya persaingan yang sehat
C. murid merasa tertantang untuk belajar
D. beban guru menjadi ringan
Jawab :  D. beban guru menjadi ringan
4.Menyuruh murid menyalin selama 30 menit dari papan tulis dapat mengurangi kadar WKA karena…..
A. menyalin tidak ada manfaatnya
B. murid cepat menjadi bosan
C. memboroskan waktu dan murid tidak belajar
D. menyalin dapat dilakukan di rumah
Jawab :  C. memboroskan waktu dan murid tidak belajar
5.Guru yang menerapkan PKR yang ideal, di awal pembelajaran bertanya pada murid tetapi hampir tak ada kaitannya dengan materi saat itu. Untuk apakah hal itu dilakukan?
A. mengulur waktu mengajar
B. Untuk menyiapkan mental anak terhadap pelajaran hari itu
C. agar murid terbiasa menjawab pertanyaan
D. agar murid memahami materi materi yang telah disampaikan
Jawab :  B. Untuk menyiapkan mental anak terhadap pelajaran hari itu
6. Sudut sumber belajar yang ditata oleh guru dapat digunakan untuk…..
A. hiasan ruang kelas
B. menerapkan konsep belajar sendiri dan pemecahan masalah
C. menyalurkan keinginan guru
D. khusus praktik IPA
Jawab :  B. menerapkan konsep belajar sendiri dan pemecahan masalah
7.Yang dimaksud guru sebagai perancang kurikulum adalah….
A. guru PKR harus memilih butir kurikulum yang perlu penekanan
B. guru PKR dapat mengusulkan untuk ikut merancang kurikulum
C. guru sebagai pelaksana kurikulum
D. guru PKR dapat merancang kurikulum baru
Jawab :  A. guru PKR harus memilih butir kurikulum yang perlu penekanan
8. Guru sebagai administrator, artinya…..
A. guru merencanakan dan mengatur kelas serta jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang  maksimal.
B. guru merangkap sebagai tata usaha
C. administrasi harus dikerjakan oleh guru
D. administrasi merupakan tugas tambahan guru selain mengajar
Jawab :  A. guru merencanakan dan mengatur kelas serta jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang  maksimal.
9.Dalam PKR guru dapat memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini dapat dilakukan sehingga murid yang padai dapat….
A. menunjukkan kelebihannya
B. meringankan beban guru mengajar
C. membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama
D. menggantikan peran guru jika guru tidak hadir
Jawab :  C. membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama
10.Guru PKR juga dapat mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid membuat suatu keterampilan dari bambu. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa guru…..
A. mengetahui sumber-sumber yang ada di desa
B. tidak mampu mengajar keterampilan dari bambu
C. mempunyai kemampuan terbatas
D. dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
Jawab :  D. dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa


UNIT 2           : MODEL PENGELOLAAN DAN  PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

SUBUNIT 1    : Prinsip Dan Model Pembelajaran Kelas Rangkap

Latihan
Tiga model dasar dalam pengelolaan pembelajaran kelas rangkap telah kita bahas bersama. Masing-masing mepunyai keunggulan dan kelemahan. Sebagai latihan cobalah Anda menganalisis keunggulan dan kelemahan pada setiap model PKR tersebut
Jawab :
Model
Keunggulan
Kelemahan
PKR 221
·         Kinerja guru maksimal
·         Masih ada waktu sisa yang dapat dimanfaatkan
·         Siswa cenderung dapat dikendalikan
·         Guru tidak banyak mengajarkan materi
·         Siswa tidak fokus pada pelajarannya karena pelajaran kelas lain
PKR 222
·         Siswa cenderung fokus pada pelajarannya
·         Kinerja guru meningkat
·         Guru kesulitan mengalokasikan waktu
·         Siswa tidak mendapatkan pengayaan dari materi kelas lain
PKR 333
·         Kinerja guru meningkat
·         Guru dapat menggunakan banyak metode dan sumber daya yang ada
·         Banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia
·         Guru akan kelelahan karena banyaknya kelas dan materi yang harus diajarkan

Tes Formatif 1
1.Dilihat dari sasaran belajarnya PKR mempunyai ciri khas yaitu adanya…….
A. perbedaan isi pembelajaran
B. variasi tingkat kemampuan
C. tuntutan pengelompokan yang homogen
D. sasaran belajar yang berjenjang
Jawab :  B. variasi tingkat kemampuan
2.Dilihat dari kadar isinya inti persoalan pengelolaan pembelajaran adalah …….
A. dana yang dikeluarkan
B. manfaat sumber daya manusia
C. tujuan secara optimal
D. rencana pembelajaran
Jawab :  B. manfaat sumber daya manusia
3.Kualitas pembelajaran tergantung dari hal-hal sebagai berikut, kecuali………..
A. gaji guru dan kesejahteraan keluarganya
B. penguasaan bahan pelajaran
C. kemahiran metodologis pembelajaran
D. kepedulian terhadap peserta didik
Jawab :  A. gaji guru dan kesejahteraan keluarganya
4.Model PKR 221 lebih cocok untuk pembelajaran mata pelajaran yang topiknya……
A. bertentangan
B.berhubungan
C. berjenjang –naik
D. berjenjang-meluas
Jawab :  B.berhubungan
5.Murid harus selalu diupayakan agar merasa bersama dengan gurunya dalam belajar, hal ini termasuk prinsip …….
A. Overlappingness
B. alertness
C. withitness
D. dependence
Jawab :  C. withitness
6.Model PKR 222 dan PKR 333 lebih cocok dalam pembelajaran mata pelajaran yang topic-topiknya……..
A. berjenjang –naik
B. berjenjang-meluas
C. berdiri sendiri
D. berkaitan
Jawab : C. berdiri sendiri
7.Dalam mengorganisasikan kegiatan inti PKR model manapun diperlukan penerapan prinsip-prinsip berikut, kecuali………
A. aneka media dan sumber
B. aneka kegiatan dan tugas belajar
C. variasi waktu belajar
D. diversifikasi, interaksi belajar
Jawab :  C. variasi waktu belajar
8.Dalam pelaksanaan model PKR 222 dan PKR 333 perpindahan guru dari kelas satu ke kelas lainnya sebaiknya……
A. berjarak waktu yang sama
B. terserah guru saja
C. tergantung pada kemauan murid
D. sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
Jawab :  D. sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
9.Proses saling membimbing antar murid dalam PKR perlu digalakkan untuk…….
A. menggantikan tugas guru
B. mengatasi kekurangan sumber
C. meningkatkan pemahaman
D. mengurangi kejenuhan
Jawab :  C. meningkatkan pemahaman
10.Salah satu keunggulan dari model PKR 333 adalah dampak belajar berupa…..
A. korelasi pemahaman
B. saling ketergantungan
C. pengisian waktu senggang
D. kemandirian belajar
Jawab :  D. kemandirian belajar

SUBUNIT 2    : Prinsip Didaktik-Metodik dan Prosedur Dasar PKR
Tes Formatif 2
1.Sisi keilmuan dari mengajar berkenaan dengan……..
A. buku-buku yang dimiliki oleh guru
B. cara membelajarkan murid
C. suasana kelas yang menarik
D. teori mengajar yang dipakai
Jawab :  D. teori mengajar yang dipakai
2.Sisi kiat atau seni mengajar antara lain terwujut dalam penampilan mengajar guru sebagai hasil proses …..
A. pengalaman
B. pengertian
C. pembiasaan
D. penghayatan
Jawab :  A. pengalaman
3.Memberi acuan belajar PKR dapat diwujutkan dalam bentuk…….
A. pembagian ruang masing-masing kelas
B. pengaturan alat dan sumber belajar
C. pemberian tugas yang berbeda antar kelas
D. penunjukan tutor sebaya
Jawab :  C. pemberian tugas yang berbeda antar kelas
4.Salah satu keuntungan dari pembukaan kelas PKR secara bersama untuk beberapa kelas adalah……
A. menghemat waktu belajar yang terbuang
B. meningkatkan keterlibatan murid
C. menyederhanakan tugas guru
D. mempersingkat waktu belajar
Jawab :  A. menghemat waktu belajar yang terbuang
5.Rasa penasaran murid dapat dibangkitkan dengan cara……..
A. mengajukan pertanyaan
B. menyajikan informasi yang cukup
C. memberi tugas secara individual
D. menyajikan situasi penuh tanda tanya
Jawab :  D. menyajikan situasi penuh tanda tanya
6.Inti dari proses belajar adalah…….
A. penyampaian pengetahuan
B. penerimaan kebudayaan
C. perubahan perilaku
D. perwujudan motivasi
Jawab :  C. perubahan perilaku
7.Supaya pembelajaran lebih manusiawi maka para siswa perlu……
A. selalu mendapat bimbingan
B. sewaktu-waktu diberi pujian
C. diberi kesempatan bertanya
D. didorong belajar atas arahan sendiri
Jawab :  D. didorong belajar atas arahan sendiri
8.Pemusatan perhatian murid dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain……
A. guru berbicara dengan keras
B. mengemukakan masalah
C. menunjuk murid yang pandai
D. mengajak bernyanyi
Jawab :  B. mengemukakan masalah
9.Untuk dapat mencapai waktu belajar efektif guru PKR sebaiknya……
A. memiliki jam tangan
B. mengajar lebih lama
C. terampil mengelola kelas
D. mengurangi waktu bicara
Jawab :  B. mengajar lebih lama
10.Guru PKR yang baik ditandai oleh……
A. perhatian terpusat pada murid yang bodoh
B. perhatian lebih banyak pada materi pelajaran
C. perhatian yang terbagi pada semua murid
D. perhatian lebih banyak pada tugas-tugas murid
Jawab :  D. perhatian lebih banyak pada tugas-tugas murid

SUBUNIT 3    : Aneka Model Interaaksi Kelas Dalam PKR
Tes Formatif 3
1.Dalam PKR setiap hari seorang guru menghadapi ……
A. sekelompok murid dalam satu kelas
B. beberapa kelas untuk satu mata pelajaran
C. lebih dari satu kelas dalam satu ruangan
D. satu kelas untuk beberapa mata pelajaran
Jawab :  C. lebih dari satu kelas dalam satu ruangan
2.Dalam melaksanakan PKR seorang guru ……..
A. tidak perlu menyusun jadwal harian
B. menggunakan jadwal harian umum
C. tidak memerlukan jadwal harian
D. harus menyusun jadwal harian khusus
Jawab :  D. harus menyusun jadwal harian khusus
3.Proses Belajar Arahan Sendiri cenderung lebih banyak tergantung pada…..
A. Petunjuk Kepala Sekolah
B. petunjuk dan control guru
C. arahan guru dan inisiatif murid
D. inisiatif murid disertai bimbingan guru
Jawab :  C. arahan guru dan inisiatif murid
4.Inti dari Proses Belajar Melalui Kerja Sama adalah……
A. saling ketergantungan antar murid
B. kebersamaan dalam belajar
C. semangat belajar kelompok
D. penghematan tenaga guru
Jawab :  B. kebersamaan dalam belajar
5.Untuk mendukung pelaksanaan PBAS diperlukan…..
A. guru yang serba tahu
B. aneka ragam sumber belajar
C. Lingkungan yang mendukung
D. Waktu belajar yang panjang
Jawab :  B. aneka ragam sumber belajar
6.Titik berat dari model belajar Olah Pikir Sejoli adalah ……..
A. interaksi guru murid
B. dialog kelompok kecil
C. dialog pasangan murid
D. interaksi antar kelompok murid
Jawab :  C. dialog pasangan murid
7.Dalam belajar Konsultasi Intra Kelompok proses belajar berlangsung melalui……
A. Tanya jawab antar murid
B. pemanfaatan sumber belajar bersama
C. pemecahan masalah dalam kelompok
D. kelompok dinamik dengan menggunakan sumber belajar
Jawab :  D. kelompok dinamik dengan menggunakan sumber belajar
8.Murid kelas yang lebih tinggi membantu murid kelas yang lebih rendah dalam situasi PKR. Situasi seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan format belajar……
A. ATTa
B. TTS
C. DMB
D. TLK
Jawab :  D. TLK
9.Dalam menggunakan setiap model belajar dalam PKR, guru harus memperhatikan….
A. jumlah murid dalam kelompok
B. sarana belajar yang tersedia
C. kepuasan guru dalam mengajar
D. dampak belajar yang diharapkan
Jawab :  D. dampak belajar yang diharapkan
10.Persamaan model belajar TDR dan ATTa/ATTu terletak pada…..
A. jumlah kelompok belajar yang dibentuk
B. hubungan pemberian tugas dan tukar pikiran
C. peran guru sebagai pemberi informasi
D. pengendalian yang ketat oleh guru
Jawab :  B. hubungan pemberian tugas dan tukar pikiran


UNIT  3          :  PENGELOLAAN KELAS DALAM  PKR

SUBUNIT 1    : Penataan Ruang  Kelas

 Latihan
1. Sebutkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang kelas.
Jawab :
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang kelas adalah sebagi berikut :
·        Daerah pajangan
·        Kemudahan bergerak
·        Sinar atau cahaya
·        Panas dan ventilasi
·        Papan tulis
·        Bangku dan kursi
·        Meja guru
·        Sudut aktivitas seperti sudut membaca, sudut IPA, sudut hasil karya murid, warung, sudut rumah tangga, dan gudang / tempat menyimpan peralatan,
2. Berilah penjelasan mengapa dalam PKR, guru harus mengatur denah yang sesuai dengan bentuk kegiatan belajar?
Dalam PKR, guru harus mengatur denah kelas yang sesuai dengan bentuk kegiatan belajar karena alasan sebagai berikut :
·        Semua sumber belajar ada dalam ruangan sehingga mudah mengatur penggunaannya
·        Supervisi mudah dilakukan karena semua murid dan kegiatan belajar berada dalam satu ruangan
·        Kegiatan belajar lebih bervariasi, sehingga membuka peluang untuk menghasilkan iklim kelas yang positif
·        Sarana dapat ditata dengan baik sehingga memenuhi kebutuhan dan keindahan
3. Mengapa hasil karya murid perlu dipajang di ruang kelas? Dan apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memajang hasil karya tersebut
Jawab :
Hasil karya murid perlu dipajang dalam agar ruangan kelas menarik dan membuat murid betah dalam kelas dan mengandung pesan kependidikan.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam dalam memajang hasil karya murid yaitu sebagai berikut :
- Manfaatkanlah tempat yang ada untuk pajangan.
- Ciptakan lingkungan kelas yang menarik, semua murid merasa seolah-olah kelas itu miliknya.
- Pekerjaan murid diamati sungguh-sungguh, sehingga ada kesan Anda menghargai upaya mereka.
- Bila ada teman guru yang lebih ahli dalam menata pajangan, mintalah petunjuk.
- Libatkan murid-murid dalam memilih benda-benda yang akan dipajang.
- Diskusi kelas untuk menentukan mana benda yang lebih menarik untuk dipajang perlu dilakukan.
- Jagalah keseimbangan karya yang dipajang antara yang dihasilkan murid yang pintar dan kurang pintar, murid kelas rendah dan kelas tinggi.
- Murid akan merasa bangga bila melihat namanya tertera pada karya yang dipajangkan.
- Hindarilah memajang karya murid dalam waktu yang terlalu lama. Lakukan perubahan dan pergantian secara teratur.
- Gunakan bahan pajangan dari bahan lokal, sehingga dapat menghemat biaya
Tes Formatif 1
1.Dalam pengelolaan kelas aspek yang paling penting adalah……..
A. Menyiapkan Satua Pelajaran
B. Pembentukan Dewan Sekolah
C. Pemilihan Ketua kelas
D. Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
Jawab :  D. Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
2.Berikut ini adalah kegiatan guru dalam pengelolaan kelas, kecuali………
A. Mengunjungi orang tua murid
B. Menata ruang untuk memajang karya karya murid
C. Memilih bangku dan kursi yang cocok untuk murid-murid
D. Memikirkan bagaimana menempatkan meja guru yang cocok
Jawab :  A. Mengunjungi orang tua murid
3.Kegunaan dari sudut IPA yang paling tepat adalah…………..
A. Untuk melakukan kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
B. Untuk menempatkan koleksi benda yang dikumpulkan dari alam
C. Untuk tempat membaca bagi murid
D. Untuk tempat diskusi bagi bagi guru-guru yang akan mengajar IPA
Jawab :  A. Untuk melakukan kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
4.Kelemahan yang palingmenonjol dari pengaturan denah kelas yang tradisional adalah………..
A. Meningkatkan jumlah waktu bergilir yang terbuang
B. Beban guru menjadi bertambah untuk menyiapkan pelajaran
C. Sulit untuk memberikan umpan balik secara perorangan
D. Mengurangi minat murid untuk bekerja sama
Jawab :  C. Sulit untuk memberikan umpan balik secara perorangan
5.Dalam memilih Bentuk Kegiatan Belajar (BKB), pertimbangan terpenting adalah…….
A. Menyediakan bahan belajar yang cukup untuk setiap murid
B. Menyediakan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan
C. Memilih BKB yang sesuai dengan kemauan guru
D. Tidak menempatkan BKB individual dan kelompok saling berdekatan
Jawab :  D. Tidak menempatkan BKB individual dan kelompok saling berdekatan
6.Tujuan yang kurang begitu penting dengan adanya papan pajangan adalah………
A. Melengkapi alat peraga yang akan dipakai oleh guru
B. Memupuk kerja sama anak melalui cipta dan karya
C. Meramaikan suasana dalam kelas
D. Memamerkan karya murid yang terbaik dalam kelas tersebut
Jawab :  C. Meramaikan suasana dalam kelas
7.Faktor yang paling penting akan perlunya PKR adalah………
A. jumlah guru di daerah terpencil
B. kurangnya alat dan bahan pelajaran
C. lebih memudahkan persiapan mengajar guru
D. adanya rentangan yang lebar dalam kemampuan murid
Jawab :  A. jumlah guru di daerah terpencil
8.Kegiatan pembelajaran berikut ini yang paling tidak cocok untuk pelajaran klasikal adalah…….
A. Bermain peran
B. Menyampaikan informasi pada murid
C. Latihan bola volley
D. Tutorial berpasangan
Jawab :  D. Tutorial berpasangan
9.Yang perlu diperhatikan guru dalam memilih strategi mengajar sebaiknya…….
A. Pengajaran kelompok kecil
B. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. Sesuai dengan kebutuhan
D. Pengajaran klasikal
Jawab :  C. Sesuai dengan kebutuhan
10.Fungsi dari pajangan bagi pembelajaran yang paling kurang cocok adalah …….
A. Memupuk kerja sama anak melalui hasil karyanya
B. Memberikan informasi pada murid
C. Menumbuhkan kebanggaan bagi murid yang karyanya dipajang
D. Untuk menghiasi ruangan kelas
Jawab :  D. Untuk menghiasi ruangan kelas


SUBUNIT 2    : Pengelolaan Murid
Latihan
Apabila Anda harus mengajar di kelas II dan kelas IV secara bersamaan, dan masing-masing kelas muridnya berjumlah 4(untuk kelas II) dan 6(untuk kelas IV). Keadaan seperti itu menguntungkan Anda apabila Anda mampu memanfaatkan konsep atau teori yang telah diuraikan di muka. Apa yang harus Anda lakukan agar pelajaran berjalan lancar? Semua murid baik kelas II maupun kelas IV dapat menyelesaikan tugas? Metode pembelajaran yang bagaimana yang cocok untuk ini? Jenis tutorial mana yang paling cocok untuk keadaan seperti itu?
Jawab :
Jadwal belajar kelas II dan IV
Waktu
Kelas
II ( Dua )
IV ( Empat )
07.00 - 07.35
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
07.35 - 08.10
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
08.10 - 08.45
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
08.45 - 09.00
istirahat
09.00 - 09.35
Tema Lingkungan
IPA
09.35 - 10.10
Tema Lingkungan
IPA
10.10 - 10.25
istirahat
10.25 - 11.00

PKn
11.35 - 12.10

PKn
Jenis tutor yang digunakan adalah tutor sebaya dan tutor kakak
Proses tutorial yaitu sebagai berikut :
- Murid kelas II diberi materi oleh guru, kemudian diberi tugas kelompok.
- Selanjutnya murid kelas IV diberi materi oleh guru lalu diberi tugas kelompok
- Murid kelas II yang telah selesai mengerjakan tugas diajak untuk mengajar temannya yang belum selesai, begitupun dengan murid kelas IV
- Murid kelas IV yang telah selesai dapat juga diajak untuk membimbing anak kelas II yang kesulitan belajar
Metode yang digunakan adalah metode kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda.
Sebagai guru saya berperan sebagai pengajar dan fasilitator dalam kelompok.

Tes Formatif 2
1.Perangkapan kelas yang dilakukan dengan cara mengajar “bergilir” menyebabkan…..
A. Meningkatkan efisiensi karena dapat mengajar 2 kelas sekaligus
B. Menurunnya efisiensi dan efektifitas belajar
C. Meringankan kerja guru
D. Merepotkan kerja guru
Jawab :  B. Menurunnya efisiensi dan efektifitas belajar
2. Pemanfaatan tutor murid (tutor kakak dan tutor sebaya) dalam PKR adalah……..
A. Kurang tepat karena tingkat pengetahuan mereka sama
B. Bertentangan dengan kodrat karena murid itu harus diajari
C. Membantu meningkatkan prestasi belajar murid
D. Untuk menggantikan guru mengajar
Jawab :  C. Membantu meningkatkan prestasi belajar murid

3.Tutor murid dipilih dari murid yang mempunyai ciri berikut……..
A. Paling besar
B. Paling tua
C. Paling pintar
D. Paling dekat dengan guru
Jawab :  C. Paling pintar
4. Pemanfaatan tutor di SD memungkinkan berdasarkan berbagai alasan, kecuali….
A. Secara alami anak-anak memerlukan bantuan
B. Bahas anak mudah dipahami oleh murid
C. Memanfaatkan murid yang padai
D. Meringankan kerja guru
Jawab :  D. Meringankan kerja guru
5. Tutor dapat dimanfaatkan pada ………
A. Saat guru ada kepentingan di luar sekolah
B. Saat belajar
C. Pada saat diskusi kelompok saja
D. Untuk mengawasi ulangan
Jawab :  B. Saat belajar
6. Selama ini tutor di anggap kurang efektif dengan alasan, kecuali……..
A. Pelajaran dia sebagai tutor tertanggu
B. Pelajaran yang diperoleh tutor berbeda dengan yang harus ditutorkan
C. Sulit melatih tutor
D. Murid sebaiknya hanya menerima pelajaran
Jawab :  D. Murid sebaiknya hanya menerima pelajaran
7. Menurut teori “mastery learning” tentang murid yang dikemukakan Bloom adalah
A. Murid terdiri dari murid pintar dan murid bodoh
B. Murid cepat dan murid lambat
C. Semua murid sama saja kepandaiannya
D. Murid perlu diajari terus oleh guru
Jawab :  B. Murid cepat dan murid lambat
8. Belajar mandiri menurut Bruce Miller adalah……
A. Cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid
B. Belajar sendirian
C. Tidak perlu diajar oleh guru
D. Cukup diajar oleh tutor saja
Jawab :  A. Cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid
9. Manfaat dari kelompok belajar adalah ……
A. Forum belajar agar murid dapat saling membantu dalam belajar
B. Agar murid duduknya diatur secara berkumpul
C. Agar murid dapat belajar dengan murid lainnya
D. Agar murid saling mengenal satu sama lain
Jawab :  A. Forum belajar agar murid dapat saling membantu dalam belajar
10. Jenis kelompok belajar manakah yang sesuai dengan system pendidikan di SD?
A. Kelompok terdiri dari usia sama
B. Kelompok terdiri dari kemampuan yang berbeda
C. Kelompok terdiri dari kemampuan yang sama
D. Tergantung pada kebutuhan belajar.
Jawab :  D. Tergantung pada kebutuhan belajar.

SUBUNIT 3    : Disiplin Kelas
Latihan
Sebelum waktu pulang murid Anda sudah menyelesaikan tugasnya lebih cepat. Buatlah kegiatan dalam bentuk permainan, yang dapat Anda berikan untuk kelas tersebut. Coba terapkan pada murid Anda. Bila menemui kesulitan diskusikan dengan tutor Anda! Untuk mengerjakan tugas tersebut dengan baik berpedomanlah pada aspek berikut ini:
- tentukan nama permainan
- tujuan apa yang akan dicapai
- kegiatan apa yang dilakukan
Jawab :
1. Nama permainan                                      : - catur
  - congklak
2. Tujuan yang akan dicapai adalah             :
- murid mempunyai komitmen untuk didiplin pada aturan yang berlaku seperti dalam permainan yang juga mempunyai aturan yang harus ditaati
- murid akan mendapatkan nilai tambah dalam pengetahuannya tentang permainan yang diberikan
3. Kegiatan yang dilakukan adalah                :
- murid dibagi dalam kelompok
- dalam melakukan permainan, setiap anggota kelompok  dapat ikut bermain secara bergantian pada permainan yang sama dan waktu yang sama pula.
- guru memberikan langkah-langkah dalam permainan tersebut dan aturan yang harus ditaati
Tes Formatif 3
1. Manfaat dari Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah……..
A. mengisi kegiatan pada waktu luang
B. menggantikan guru yang tidak hadir
C. memberi tugas tambahan pada murid
D. meningkatkan disiplin murid
Jawab :  A. mengisi kegiatan pada waktu luang
2. Berikut ini termasuk kegiatan ARK, kecuali……….
A. menyiapkan sumber belajar
B. memberikan tugas untuk setiap kelas PKR
C. menyiapkan alat pelajaran dan alat peraga
D. memberikan PR pada murid
Jawab :  D. memberikan PR pada murid
3. Kegiatan Siap (KS) bermanfaat untuk………
A. mengisi waktu kosong pada saat pembelajaran berlangsung
B. mengisi kegiatan di rumah
C. menggantikan guru yang berhalangan hadir
D. hukuman bagi murid yang tidak membuat PR
Jawab : D. hukuman bagi murid yang tidak membuat PR

4. Lembar Kerja Murid(LKM) dapat dimasukkan pada berikut ini, kecuali……
A. Aturan Rutin Kelas
B. Kegiatan Siap
C. Lembar penuntun kegiatan
D. Lembar tes
Jawab :  D. Lembar tes
5. KS dapat diberikan pada pembelajaran berikut ini, kecuali…….
A. klasikal
B. kelompok
C. individual
D. pasangan
Jawab :  A. klasikal
6. Kegiatan pembelajaran klasikal dalam PKR adalah………
A. mengganggu pelaksanaan PKR
B. menjadi kunci dalam penerapan PKR
C. tidak sesuai dengan konsep PKR
D. tidak ada kaitannya dengan PKR
Jawab :  B. menjadi kunci dalam penerapan PKR
7. Dalam mempersiapkan KS, yang paling penting bagi Anda adalah……
A. SP dan jadwal pelajaran
B. topik pelajaran
C. pengalaman
D. adanya tutor
Jawab :  A. SP dan jadwal pelajaran
8. ARK merupakan sesuatu yang bukan baru bagi Anda, karena…….
A. sudah ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan
B. guru sudah memperoleh penataran
C. sudah belajar ketika di SPG
D. diatur oleh sekolah
Jawab :  A. sudah ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan
9. Kegiatan berikut ini termasuk ARK, kecuali……….
A. membersihkan dan membuat tugas dipapan tulis
B. menyiapkan sumber bahan
C. menyiapkan tutor
D. cara murid meminta bantuan guru.
Jawab :  D. cara murid meminta bantuan guru
10. Dalam PKR, ARK yang baik adalah harus……
A. berkaitan dengan kegiatan di luar kelas
B. berkaitan dan menunjang pelajaran
C. tidak perlu berkaitan dengan pelajaran
D. berkaitan dengan SP.
Jawab : B. berkaitan dan menunjang pelajaran




UNIT  4          :  LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

SUBUNIT 1    : Sekolah Dan Guru Sebagai Sumber Belajar
Latihan
Anda seorang guru Kesenian, di Sekolah Anda hanya terdapat 3 (tiga) orang guru termasuk Kepala Sekolah. Karena keterbatasan guru Anda diminta untuk membantu mengajar di kelas II dan III dan pelajaran Olah raga untuk semua kelas, sementara Anda merasa khawatir karena tidak menguasai mata pelajaran tersebut. Di SD lain dekat SD Saudara terdapat seorang Guru Olah Raga dengan berbagai peralatan olahraga. Apa yang akan Anda Lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada, agar murid-murid yang menjadi tanggung jawab Anda dapat mengikuti pembelajaran dengan baik?
Jawab :
Yang akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah saya tidak akan malu-malu untuk bertanya ataupun minta tolong bahkan bekerja sama saling melengkapi. Untuk mata pelajaran olaraga, saya akan bertanya bagaimana metode yang akan digunakan serta bagaiman membelajarkannya. Bila mengharuskan memakai alat-alat olaraga, maka saya akan meminjam alat-alat olaraga dari sekolah tetangga tersebut. Bila mengalami kesulitan, saya akan berdiskusi dengan guru olaraga tersebut dan melakukan tutorial bersama.
Tes Formatif 1
1.Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah!
Jawab :
Seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah ketika jumlah tenaga guru tidak sebanding dengan jumlah rombongan kelas dan mata pelajaran yang harus diajarkan. Selain itu guru juga harus menjadi partner dengan guru yang ada dalam satu sekolah. Begitu juga bila guru yang bersangkutan tidak menguasai materi yang akan diajarkan sehingga harus bertanya atau meminta bantuan kepada guru lain yang ada dalam satu sekolah.
2.Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain!
Jawab :
Seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain ketika :
·        Guru tersebut tidak mempunyai buku sumber dan atau alat peraga pelajaran
·        Guru tersebut tidak menguasai materi yang akan diajarkan
·        Guru tersebut harus mengajar 3 atau lebih kelas dalam waktu yang bersamaan,sementara guru dari sekolah lain sedang tidak ada jam mengajar pada waktu yang bersamaan
3.Berikan satu contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah lain!
Jelaskan bagaimana kerjasama tersebut dapat berlangsung baik!
Jawab : 
Contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah lain misalnya Pak Rudi adalah guru pada SD A adalah guru Matematika yang harus mengajar juga pada kelas IV, V, VI dan mengajar mata pelajaran olaraga. Dalam mengajar olaraga, Pak Rudi merasa kesulitan karena belum pernah mengajarkan olaraga dan kurangnya alat-alat olaraga yang ada di sekolah Pak Rudi. Tak jauh dari sekolah Pak Rudi ada guru olaraga dari SD B. Pak Rudi tak merasa malu untuk bertanya dan belajar cara mengajarkan olaraga serta meminjam alat-alat olaraga untuk proses pembelajaran.
4.Apa manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya KKG?
Jawab :
Manfaat yang diperoleh dengan adanya KKG adalah sebagai forum yang dapat dijadikan untuk saling tukar informasi, pengalaman, berdiskusi, untuk memecahkan berbagai kesulitan mengajar dan mengerjakan sesuatu secara bersama

SUBUNIT 2    : Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Tes Formatif 2
1. Dalam pendidikan pada dasarnya lingkungan adalah………
A. tempat bermain
B. tempat belajar
C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
D. tempat siswa beradaptasi dengan alam
Jawab :  C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
2. Lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar adalah……
A. Kantin sekolah
B. Museum
C. Cagar alam
D. Puskesmas
Jawab :  A. Kantin sekolah
3. Seorang ulama/pendeta dapat dapat menjadi nara sumber bagi siswa pada saat
A. pelajaran agama
B. perayaan hari-hari besar keagamaan
C. setiap hari
D. semua benar
Jawab :  B. perayaan hari-hari besar keagamaan
4. Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan pada pembelajaran…….
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab :  A. IPA
5. Untuk memahami dan mengenal berbagai macam benda bersejarah pada pembelajaran IPS siswa dapat dijak mengunjungi…..
A. Museum
B. candi
C. situs-situs peninggalan sejarah
D. semua benar
Jawab :  D. semua benar
6. Mengapa dalam proses belajar mengajar lingkungan sekitar mempunyai peran yang penting?
A. karena lingkungan memberikan suasana segar
B. karena belajar di lingkungan dapat juga menjadi ajang rekreasi
C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
D. Belajar di lingkungan membuat siswa dapat bercAnda gurau dengan sesama teman
Jawab :  C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
7. Sebuah pasar dapat dijadikan sumber belajar. menurut Anda pembelajaran apa saja yang dapat berlangsung di sana?
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab :  D. Semua pelajaran
8. Menurut Anda pada saat kapan lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar?
A. pada saat guru dan siswa merasa jenuh belajar di dalam kelas
B. pada saat guru kekurangan alat peraga
C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui di sekolah
D. pada saat guru dan siswa merasa perlu adanya suasana baru dalam pembelajaran
Jawab :  C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui di sekolah
9. Pembelajaran dengan pendekatan PKR yang dilakukan di lingkungan sangat membutuhkan …..
A. LKS
B. Lembar kerja
C. Alat-alat kerja
D. Bahan-bahan kerja
Jawab :  A. LKS
10. Menurut Anda keuntungan dan manfaat apa yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar……
A. membantu guru supaya tidak repot menyiapkan alat dan bahan pembelajaran
B. membantu siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam pembelajarannya
C. Membantu siswa dalam mendapat kesempatan rekreasi
D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam
Jawab :  D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam

SUBUNIT 3    : Menciptakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Latihan
Ketika sedang membimbing mahasiswa PPL di kabupaten MAPPI distrik Bade, seorang guru Ibu Nn bercerita bahwa ia sangat kesulitan memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misal dalam memberikan contoh berbagai jenis hewan, disana siswa hanya mengenal jenis hewan tertentu terutama Rusa dan Kasuari. Pada saat mengajar IPA di
kelas VI Ibu Nn menunjukkan gambar sapi namun oleh siswa gambar tersebut disebut Rusa (Rusa di daerah tersebut banyak yang bertubuh sangat besar). Demikian pula untuk menjelaskan tentang hal-hal lain seperti Pasar dan berbagai jenisnya, Museum dan lainnya Ibu Nn sangat merasa kesulitan.
Jika Anda berada pada posisi ibu Nn apa yang harus Anda lakukan?
1. Langkah-langkah apa saja yang Anda lakukan untuk mempersiapkan pembelajaran dengan berbagai kekurangan yang ada di lingkungan sekolah seperti ibu Nn?
2. Menurut Anda metode pembelajaran apa yang sebaiknya diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami ibu Nn?
Jawab :
1. Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk mempersiapkan pembelajaran yaitu :
a)      Menciptaka ruang kelas yang menyenangkan
b)      Menyiapkan Lembar Kerja Murid
c)      Memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada disekitar yang berkaitan dengan materi yang ada
d)      Memajang beberapa hasil karya murid di dalam kelas untuk mendukung proses pembelajaran
e)      Memanfaatkan alam terbuka sebagai media pembelajaran
f)        Menyiapkan buku bacaan bergambar
2. Metode yang sebaiknya diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami oleh Ibu Nn adalah metode bermain, metode diskusi, dan metode kerja kelompok.


UNIT  5           :   KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM PKR

SUBUNIT 1    : Hakekat Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
1. Sebagai guru SD, Anda pasti sudah pernah mengajar kelompok kecil, dengan cara membagi murid ke dalam kelompok-kelompok kecil. Cobalah ingat, apa yang biasanya Anda lakukan ketika mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kegiatan kelompok sedang berlangsung. Berdasarkan ingatan tersebut, cobalah perkirakan, ciri-ciri mengajar kelompok kecil yang mana yang sudah Anda terapkan?
Jawab :
Yang saya lakukan ketika mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kelompok sedang berlangsung adalah :
·        Melakukan identifikasi murid dari sisi intelektual, karakter, dan keaktivan
·        Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kelompok
·        Membagi murid ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan kemampuan
·        Menata ruang dan sumber belajar agar menciptakan kondisi yang memungkinkan
·        Mengatur alokasi waktu yang akan digunakan
Ciri-ciri belajar kelompok yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
·        Terjadi interaksi antar anggota dalam kelompok yang membuat kelompok menjadi hidup
·        Murid yang lebih pintar menjadi tuotr sebaya bagi temannya
2. Cobalah diskusikan dengan teman-teman Anda, topik-topik mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar (klasikal) serta topik mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil.
Jawab :
Topik-topik yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar ( klasikal ) :
·        Topik yang sifatnya tidak membutuhkan kegiatan diskusi atau praktikum
·        Topik yang tidak membutuhkan waktu yang banyak
Topik-topik yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil adalah topik yang membtuhkan waktu yang banyak dan memerlukan kegiatan pengalamian.
3. Bekerjalah dengan teman yang sudah pernah mengajar kelas rangkap. Cobalah rancang satu pengorganisasian murid (kapan akan digunakan kegiatan klasikal, kelompok kecil dan perorangan), jika seandainya Anda akan mengajar kelas rangkap. Diskusikan alasan Anda untuk pengorganisasian yang Anda kembangkan tersebut.
Jawab :
Rancangan pengorganisasian murid sebagai berikut :
·        Pengelompokan murid berdasarkan rombongan kelas dengan menggunakan model pengelolaan PKR 221
·        Murid dikelompokkan ke dalam kelompok kecil dan murid yang pintar disebar ke kelompok-kelompok
·        Mengorganisasikan bahan ajar, mengatur denah kelas, memjang hasil karya murid yang berkaitan dengan topik yang akan disajikan
Kegiatan klasikal digunakan bila topik yang disajikan tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak.
Kegiatan kelompok kecil dan perorangan digunakan bila topik yang akan disajikan membutuhkan waktu yang banyak dan memuat kegiatan praktikum atau kegiatan diskusi serta jumlah murid yang banyak.

Tes Formatif 1
1. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan memberi kesempatan kepada murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. belajar dari teman
B. memilih teman sendiri
C. mengajar atau membantu teman
D. memilih cara belajar yang disenangi
Jawab :  B. memilih teman sendiri
2. Salah satu ciri pengajaran kelompok kecil dan perorangan adalah ....
A. murid lebih sering belajar dalam kelompok
B. adanya pembagian waktu yang ketat
C. adanya hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
D. murid bebas memilih teman belajarnya
Jawab :  C. adanya hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
3. Pelajaran dalam bentuk kelas besar (klasikal) mempunyai kekuatan dalam menyadarkan murid bahwa ....
A. tidak semua kebutuhannya dapat dipenuhi
B. tidak semua pelajaran mudah dicerna
C. masa sekolah adalah masa untuk belajar
D. masa belajar penuh dengan tantangan
Jawab :  A. tidak semua kebutuhannya dapat dipenuhi
4. Pelajaran dalam bentuk kelompok kecil dapat membiasakan murid untuk ....
A. menyelesaikan tugas pada waktunya
B. bekerja secara rapi dan teratur
C. merangkum hasil belajarnya
D. bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
Jawab :  D. bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
5. Pembelajaran secara perorangan menuntut murid untuk mampu ....
A. berprestasi lebih baik
B. mencari informasi yang diperlukan
C. bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
D. mengatur waktu belajar
Jawab :  C. bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
6. Guru PKR akan banyak memetik keuntungan dari penguasaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan karena ....
A. PKR selalu menggunakan pengajaran kelompok kecil dan perorangan
B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. dalam waktu yang sama guru menghadapi dua kelas atau lebih
D. guru sudah terlatih mengelola kelas
Jawab :  B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
7. Penjelasan tentang tugas dan cara kerja kelompok sebaiknya disampaikan dalam ....
A. kelas besar, sebelum kegiatan kelompok
B. kelompok kecil, ketika kegiatan berlangsung
D. tatap muka perorangan
E. bentuk tanya jawab dalam kelompok kecil
Jawab :  A. kelas besar, sebelum kegiatan kelompok
8. Kegiatan kelompok kecil yang efektif selalu diakhiri dengan kulminasi, yang dapat diisi dengan kegiatan berikut, kecuali ....
A. laporan dan tanggapan
B. merangkum hasil-hasil kelompok
C. menyerahkan laporan kepada guru
D. mendemonstrasikan salah satu hasil pekerjaan kelompok
Jawab :  C. menyerahkan laporan kepada guru
9. Keberhasilan kerja kelompok sangat ditentukan oleh persiapan guru, yang meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
A. pengaturan materi dan sumber belajar
B. penetapan ketua dan sekretaris kelompok
C. pengaturan waktu dan ruangan
D. penetapan bentuk dan cara pengelompokkan
Jawab :  B. penetapan ketua dan sekretaris kelompok
10. Dalam kegiatan perorangan, guru perlu mengenal murid secara pribadi agar guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. membantu murid sesuai dengan kebutuhannya
B. mengatur kondisi belajar
C. menindaklanjuti hasil belajar murid
D. memberikan laporan kepada orang tua murid
Jawab :  D. memberikan laporan kepada orang tua murid

SUBUNIT 2    : Komponen Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
1. Baca kembali dengan cermat keempat kelompok keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Buatlah satu daftar keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya, sehingga merupakan satu lembar pengamatan.
Jawab :


Kelompok keterampilan
Subkelompok keterampilan
Hal-hal yang dimati
Pengelompokan murid berdasarkan rombongan belajar
·         PKR 111
·         PKR 221
·         PKR 331
·         Kehadiran
·         Penilaian
·         Pengaturan tugas
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan kemampuan
·         PKR 121
·         PKR 221
·         PKR 321
·         Prestasi
·         Kemampuan umum
·         Bahan ajar
Pengelompokan murid berdasarkan kemampuan campuran
·         PKR 221
·         PKR 222
·         PKR 321
·        Kesamaan bakat
·        Kemampuan khusus
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan usia
·         PKR 111
·         PKR 211
·         PKR 311
·        Kemampuan dan kecepatan belajar
·        Bahan ajar

2. Cobalah amati teman Anda yang sedang mengajar kelompok kecil. Tandailah keterampilan membimbing dan memudahkan belajar yang muncul selama dia mengajar. Pada saat lain, amati teman yang sama dan catat keterampilan mengorganisasikan kegiatan yang muncul. Diskusikan hasil pengamatan Anda dengan teman tersebut.
Jawab :
Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar yang muncul selama teman mengajar yaitu :
·        Waktu yang digunakan dapat diefektifkan sehingga materi dapat dituntaskan sesuai perencanaan
·        Murid yang mengalami kesulitan belajar dapat dibimbing dengan memanfaatkan tutor sebaya dan tutor kakak
·        Dapat mengkonkritkan bahan ajar sehingga dapat diserap dan dicerna dengan baik oleh murid
Keterampilan mengorganisasikan kegiatan yang muncul :
·        Mengorganisasikan waktu dengan baik dan tepat
·        Sumber-sumber belajar dapat diefektifkan sehingga menunjang proses pembelajaran
3. Cobalah rancang kegiatan kelompok kecil untuk kelas Anda selama ± 40 menit. Laksanakanlah rancangan tersebut, dan mintalah salah seorang dari teman Anda untuk mengamati Anda. Setelah selesai, diskusikan hasil pengamatan tersebut.
Jawab :
Hasil pengamatan kegiatan kelompok kecil selama pelaksanaan :
·        Pembelajaran dilakukan berdasarkan perbedaan individual dan melakukan layanan bimbingan
·        Guru memberikan pelayanan dan bimbingan kepada murid secara tidak merata sehingga tidak terjadi kesenjangan
4. Kalau di tempat tutorial Anda ada video pembelajaran kelas rangkap, cobalah amati modelnya yang ditayangkan melalui video. Fokuskan pengamatan Anda pada munculnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Bandingkan dan diskusikan hasil pengamatan Anda dengan hasil pengamatan teman lain.
Jawab :
Hasil pengamatan video pembelajaran kelas rangkap :
·        Guru memberikan perhatian kepada murid sehingga tercipta hubungan yang akrab antara guru dengan murid dan antara murid dengan murid
·        Murid yang tidak cepat tanggap dengan penjelasan guru menjadi tanggap apabila dijelaskan ulang temannya yang telah mengerti.
·        Murid yang mengajar atau melatih temannya menjadi semakin mengerti dan memahami pelajaran
·        Murid belajar dengan aktif dan merasa bertanggung jawab
5. Ketika Anda sendiri harus mengajar kelas rangkap, cobalah terapkan secara sungguh-sungguh keterampilan membimbing dan memudahkan belajar. Bila mungkin, mintalah seorang rekan Anda untuk mengamati ketika Anda sedang mengajar. Setelah selesai, mintalah hasil pengamatan tersebut dan cocokkan dengan kesan Anda sendiri.
Jawab :
Hasil pengamatan mengenai keterampilan membimbing dan memudahkan belajar dalam mengajar kelas rangkap yaitu :
·        Lebih banyak interaksi yang terjadi antara guru dengan murid dan murid dengan murid yang fokus membahas tentang topik yang dipelajari
·        Guru tidak terlalu banyak menggunakan ceramah sehingga guru tidak cepat lelah dalam mengajar karena harus banyak berbicara
·        Aspek sosial, emosional, moral, dan bahasa murid nampak sehingga secara keseluruhan karena muncul secara sadar atau tidak disadari oleh murid
·        Guru dapat memantau perkembangan setiap anak sehingga anak yang mengalami kesulitan belajar dapat diberikan bimbingan dan pelatihan khusus sementara anak yang mudah menangkap dan mengerti pelajaran dapat diberikan pengayaan daan atau menjadi guru pamong bagi temannya.


UNIT  6           :   MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP  ( RPKR )

SUBUNIT 1   :  Analisis Kurikulum Pendidikan SD 2004 dan Prosedur Dasar Pengembangan Instruksional
Tes Formatif 1
1. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran pada dasarnya merupakan ........
A. Beban dan waktu belajar yang dipersyaratkan
B. Tuntutan belajar menurut murid
C. Tuntutan belajar menurut masyarakat
D. Beban dan waktu belajar minimal
Jawab :  A. Beban dan waktu belajar yang dipersyaratkan
2. Kurikulum merupakan pedoman bagi ....
A. Pengelola pendidikan
B. Para guru saja
C. Para guru dan murid
D. Guru, murid, dan pengelola
Jawab :  D. Guru, murid, dan pengelola

3. Pengembangan murid sebagai pribadi ....
A. Tidak memerlukan kemampuan dasar
B. Memerlukan kemampuan dasar
C. Cukup kemampuan minimal
D. Diserahkan kepada orang tua
Jawab :  C. Cukup kemampuan minimal
4. Pelajaran matematika di Sekolah dasar menitik beratkan pada ....
A. Semua konsep matematika
B. Kemampuan penalaran
C. Berhitung
D. Keterampilan menghitung
Jawab :  C. Berhitung
5. Pelajaran PPKN SD 2004 menerapkan pendekatan ....
A. Pengajaran tata negara Indonesia
B. Pendidikan Nilai Pancasila
C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
D. Pembinaan disiplin nasional
Jawab :  C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
6. Salah satu ciri dari pembelajaran bahasa Indonesia menurut kurikulum 2004 adalah ....
A. Menitikberatkan pada keterampilan membaca
B. Menitikberatkan pada keterampilan menulis
C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
D. Berorientasi pada konsep kebahasaan
Jawab :  C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
7. Pelajaran IPS di Sekolah Dasar bertitik tolak dari ....
A. Lingkungan
B. Konsep
C. Kebiasaan Hidup
D. Masalah sehari-hari
Jawab :  B. Konsep
8. Salah satu ciri pembelajaran IPS di Sekolah Dasar 2004 adalah ....
A. Berangkat dari konsep keilmuan sosial
B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
C. Merujuk pada keterampilan sosial
D. Berorientasi pada siklus kehidupan masyarakat
Jawab :  B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
9.Pendekatan sistem dalam penyusunan rencana pembelajaran bertolak dari dan merujuk kepada ....
A. Topik inti
B. Tujuan belajar
C. Buku pelajaran
D. Sistem Sosial
Jawab :  B. Tujuan belajar
10.Salah satu sifat dari pendekatan sistem dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran ialah ....
A. Integrasi antar komponen pembelajaran
B. Saling keterkaitan antar komponen pembelajaran
C. Peran penting dari penilaian
D. Titik sentral pada proses belajar
Jawab :  B. Saling keterkaitan antar komponen pembelajaran

SUBUNIT 2   :  Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 2
1. Topik pembelajaran kelas rangkap harus diambil dari...
A. GBPP
B. Buku Pelajaran
C. Hasil Penataran
D. Masalah sehari-hari
Jawab :  A. GBPP
2. Pemetaan topik menurut arasnya berguna dalam menetapkan topik satu mata pelajaran yang dapat dibahas secara...
A. Perseorangan
B. Kelompok dalam kelas tunggal
C. Rangkap kelas
D. Klasikal kelas tunggal
Jawab :  B. Kelompok dalam kelas tunggal
3. Pemetaan topik menurut gugus berguna dalam penetapan suatu topik PKR yang mencakup...
A. Satu kelas
B. Satu mata pelajaran
C. Lebih dari satu mata pelajaran
D. Lebih dari satu kelas
Jawab :  C. Lebih dari satu mata pelajaran
4. Dalam merencanakan PKR tujuan belajar yang dirumuskan menurut...
A. Tingkatan kelas
B. Mata Pelajaran
C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
D. Mata pelajaran dan kegunaannya
Jawab :  C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
5. Rancangan kegiatan pembelajaran dalam pembelajaran kelas rangkap berfungsi sebagai kerangka berpikir guru dalam...
A. Menetapkan mata pelajaran yang akan diajarkan
B. Memilih kelas-kelas yang akan dirangkap
C. Mengatur waktu dan tempat belajar
D. Menata keseluruhan interaksi belajar mengajar
Jawab :  D. Menata keseluruhan interaksi belajar mengajar
6. Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS) menitikberatkan pada kegiatan belajar murid yang...
A. Sepenuhnya diatur oleh murid
B. Diarahkan oleh guru
C. Sepenuhnya diatur oleh guru
D. Sewaktu-waktu dikontrol oleh guru
Jawab :  A. Sepenuhnya diatur oleh murid
7. Dalam merencanakan pembelajaran kelas rangkap seharusnya memperhitungkan sumber belajar yang...
A. Sudah tersedia di sekolah
B. Dipunyai oleh semua murid
C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
D. Dipunyai oleh guru
Jawab :  C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
8. Dalam menetapkan media belajar dalam pembelajaran kelas rangkap guru seharusnya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut kecuali...
A. Jumlah murid yang dirangkap
B. Tujuan instruksional
C. Pengalaman guru dalam menggunakannya
D. Keadaan ruang belajar
Jawab :  A. Jumlah murid yang dirangkap
9. Di sekolah kecil yang berada di daerah terpencil sumber belajar...
A. Cukup menggunakan sumber apa adanya
B. Dapat memanfaatkan siaran televisi
C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
D. Terserah pada kemauan guru
Jawab :  C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
10. Media belajar yang tepat guna adalah yang...
A. Menggunakan listrik
B. Sesuai dengan instruksi Depdikbud
C. Ada di tempat dan sesuai tujuan
D. Dibuat oleh ahli media
Jawab :  C. Ada di tempat dan sesuai tujuan


SUBUNIT 3   :  Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 3
1. Terlaksana tidaknya jadwal pembelajaran kelas rangkap harian perlu dilihat agar guru dapat ....
A. Melapor ke Kepala Sekolah
B. Melaksanakan PKR dengan baik
C. Memperbaiki jadwal berikutnya
D. Menyusun jadwal baru
Jawab :  C. Memperbaiki jadwal berikutnya
2. Terlaksana-tidaknya suatu proses pembelajaran perlu dikaji oleh guru agar dapat melihat ....
A. Tercapai tidaknya tujuan
B. Terlaksana tidaknya rencana PKR
C. Berhasil tidaknya PKR
D. Puas tidaknya guru dan murid
Jawab :  C. Berhasil tidaknya PKR
3. Mencatat materi pelajaran yang tidak bisa diajarkan sangat penting untuk ....
A. Melihat siap tidaknya guru
B. Mencari sumber belajar berikutnya
C. Mengecek manfaat belajar
D. Mencari sebab-sebabnya
Jawab :  D. Mencari sebab-sebabnya
4. Kegiatan yang tertunda harus dicatat oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Merancang pembelajaran berikutnya
B. Mengisi buku harian guru
C. Mengisi waktu senggang murid
D. Memilih kegiatan yang bisa dikerjakan
Jawab :  A. Merancang pembelajaran berikutnya
5.Tugas-tugas yang diberikan kepada murid untuk hari atau minggu berikutnya perlu dicatat oleh guru agar ....
A. Murid-murid merasa senang
B. Orang tua murid dapat membantu
C. Tidak lupa mengecek hasilnya
D. Guru terbiasa mencatat tugas murid
Jawab :  C. Tidak lupa mengecek hasilnya
6.Murid-murid yang belum banyak melibatkan diri dalam kegiatan belajar perlu dicatat dan diperhatikan oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Memilih tujuan yang dirumuskan
B. Menggunakan media
C. Mengatur pengelompokkan murid
D. Mengelola kelas
Jawab :  D. Mengelola kelas
7. Menemukan dan mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dalam PKR merupakan ciri bahwa guru PKR selalu ....
A. Berpikir negatif
B. Mengusahakan perbaikan
C. Menunggu perintah
D. Mengenang masa lalu
Jawab :  B. Mengusahakan perbaikan
8. Hal-hal yang dirasakan mengecewakan perlu dicatat oleh guru sebagai alat bagi guru dalam ....
A. Mencari penyebabnya
B. Mengoreksi diri sendiri
C. Menilai murid-muridnya
D. Menemukan akibatnya
Jawab :  B. Mengoreksi diri sendiri
9.Guru yang membicarakan apa yang ditemuinya dalam melaksanakan PKR dengan guru lain memberi tanda bahwa guru tersebut ....
A. Kurang mampu
B. Tidak percaya diri
C. Bersifat terbuka
D. Kurang kreatif
Jawab :  C. Bersifat terbuka
10.Informasi yang diperoleh dari pengalaman melaksanakan PKR dan digunakan oleh guru dalam memperbaiki program PKR dinamakan ....
A. Masukan
B. Keluaran
C. Umpan balik
D. Arus balik
Jawab :  C. Umpan balik