UNIT 1 : HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
SUBUNIT
1 : Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
Latihan
1. Diskusikan dengan
teman-teman, bagaimana pendapat Anda tentang perangkapan kelas, dan mengapa hal
itu bisa terjadi?
Jawab :
Perangkapan kelas yaitu suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang
guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan
menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung arti
bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid
dengan kemampuan belajar yang berbeda.
Hal ini terjadi karena alasan sperti berikut :
a. Alasan geografis seperti Lokasi pembelajaran yang sulit dijangkau,
terbatasnya sarana transportasi, dan pemukiman penduduk yang jaraknya
berjauhan, serta adanya ragam mata pencaharian penduduk.
b. Alasan demografis seperti mengajar murid dalam jumlah yang sedikit
atau murid yang tinggal di daerah yang jarang penduduknya.
c. Kekurangan guru karena sedikit yang mau jadi guru utamanya di daerah
terpencil.
d. Keterbatasan ruang kelas
e. Kehadiran guru yang rendah
2. Apakah perangkapan kelas
juga merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah? Berilah
alasan Anda
Jawab :
Perangkapan kelas bukan
menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah akan tetapi
menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Alasannya
yaitu PKR dapat memenuhi asas jumlah dan pemerataan, salah satu cara masyarakat
dan pemerintah mengurangi biaya pendidikan, mampu meningkatkan kemandirian
murid, dan sekolah dapat didirikan di lokasi yang mudah di jangkau oleh anak.
3. Kemampuan khusus apa
apakah yang Anda perlukan, agar PKR dapat dilaksanakan dengan baik? Berilah
penjelasan
Jawab :
Kemampuan khusus yang saya perlukan agar PKR dapat dilaksanakan dengan
baik yaitu :
a. Kemampuan manajemen agar mampu mengatur jalannya PKR
b. Kemampuan pedagogik agar mampu meningkatkan kemandirian murid
c. Kemampuan kontak
psikologis agar mampu menciptakan minat anak agar merasa mendapat perhatian
dari guru.
d. Kemampuan menguasai
berbagai teknik dan metode mengajar agar pembelajaran dapat berlangsung dengan
baik dan lancar serta menghasilkan output yang memuaskan.
e. Kemampuan memanfaatkan
segala sumber daya yang ada untuk mendukung jalannya PKR
Tes Formatif 1
1)Pembelajaran Kelas
Rangkap (PKR) adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan guru dalam waktu
yang bersamaan mengajar di…
A. dua kelas dalam satu ruang
B. dua kelas atau lebih dalam satu atau lebih ruangan
C. satu kelas dengan kemampuan yang berbeda dan berada dalam satu ruangan
D. dua kelas dalam dua ruangan
Jawab : B. dua kelas atau lebih
dalam satu atau lebih ruangan
2) PKR diterapkan karena berbagai alasan, terutama karena adanya
kekurangan…
A. guru
B. ruangan
C. murid
D. sarana
Jawab : A. guru
3) PKR mempunyai manfaat praktis sebagai berikut, kecuali…
A. dapat mendidik murid yang mampu mandiri
B. ekonomis
C. menghemat waktu dan tenaga
D. dapat meningkatkan jumlah dan memeratakan kesempatan belajar
Jawab : C. menghemat waktu dan
tenaga
4) Istilah pembelajaran mengandung makna bahwa belajar terjadi dengan…
A. bimbingan guru
B. bimbingan tutor
C .berbagai cara, dengan atau tanpa guru
D. berbagai cara yang ditetapkan oleh guru
Jawab : C .berbagai cara, dengan
atau tanpa guru
5)Sebagai salah satu bentuk
pembelajaran, PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum,
prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…
A. guru harus memperhatikan kemampuan murid yang berbeda-beda
B. pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
C. guru harus berusaha meningkatkan keaktifan murid
D. penguatan dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar
Jawab : B. pembelajaran sebaiknya
dilakukan dalam kelompok kecil
6)Secara khusus, PKR mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…
A. kadar tinggi WKA
B. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C. kontak psikologis guru-murid yang berkelanjutan
D. guru berperan sebagai fasilitator
Jawab : D. guru berperan sebagai
fasilitator
7) Kadar tinggi WKA ditentukan oleh berbagai factor antara lain…
A. banyaknya waktu menunggu
B. kualitas dan kuantitas pengalaman belajar
C. jumlah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas rutin
D. kualitas dan jumlah pesan kurikulum yang disampaikan guru
Jawab : B. kualitas dan kuantitas
pengalaman belajar
8)Ibu Santi yang merangkap
kelas IV dan kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV ketika beliau
melihat kelompok ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu
prinsip PKR, yaitu…
A. kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
B. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C. kebiasaan mandiri
D. pemanfaatan sumber secara efisien
Jawab : A. kontak psikilogis guru
murid yang berkelanjutan
9)Bapak Marthen yang sedang
merangkap kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai
untuk membantu beberapa temannya menyelesaikan tugas yang diberikan. Tindakan
pak Marthen ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A. kadar tinggi WKA
B. kebiasaan mandiri
C. keserempakan kegiatan belajar-mengajar
D. pemanfaatan sumber secara efisien
Jawab : D. pemanfaatan sumber
secara efisien
10) Mealui PKR dapat
ditanamkan kebiasaan mandiri pada diri murid karena dalam PKR, murid lebih
banyak mendapat kesempatan untuk…
A. bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya
B. belajar sesuai dengan keinginannya
C. membantu guru
D. membantu teman
Jawab : A. bertanggung jawab
dalam penyelesaian tugasnya
SUBUNIT
2 : Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik
yang Terjadi di Lapangan
Latihan
1. Apakah pembelajaran
kelas rangkap dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih? Berilah alasan
Anda bila PKR dapat dilaksanakan dalam satu ruang dan juga berilah alasan bila
PKR dapat dilaksanakan dalam dua atau lebih ruang kelas.
Jawab :
PKR dapat dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih sesuai dengan
kondisi yang ada.
PKR dilaksanakan dalam satu ruang kelas jika jumlah murid yang ada tidak
terlalu banyak sehingga dapat menampung jumlah murid yang ada. Sementara itu,
PKR dilaksanakan dalam dua ruang kelas atau lebih jika jumlah murid yang ada
tidak memungkinkan untuk satu kelas saja sehingga perlu dua atau lebih ruang
kelas.
2. Sebutkan dan jelaskan
kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi apabila Anda melaksanakan pembelajaran
kelas rangkap.
Kesulitan-kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran kelas rangkap yaitu
sebagai berikut :
- sulit mengatur waktu yang ada agar pembelajaran berlangsung maksimal
- sumber daya yang ada kadang
tidak mendukung sehingga PKR tidak berlangsung sesuai yang diharapkan
- banyaknya tugas-tugas
yang berhubungan dengan tugas guru yang harus diselesaikan bersamaan dengan
proses belajar mengajar yang sedang berlangsung.
3. Selama Anda mengajar
satu atau dua jam pelajaran pada dua kelas yang berada di dua ruangan, berapa
waktu yang terbuang begitu saja? Dan kapankah Anda paling banyak melakukan
pemborosan waktu tersebut?
Jawab :
Selama saya mengajar satu atau dua jam pada dua kelas yang berada di dua
ruangan, maka waktu yang terbuang begitu saja adalah sekitar 15 sampai 30
menit. Waktu akan banyak terbuang ketika masuk dalam kegiatan awal dan inti
pembelajaran karena membutuhkan waktu yang relatif banyak pula.
4. Cobalah minta teman Anda
mengamati cara mengajar Anda dengan praktik PKR, kemudian hasilnya diskusikan
bersama, sudahkah Anda melaksanakan PKR dengan benar?
Jawab :
Dalam praktik mengajar dengan PKR, saya belum mampu melaksanakan PKR
dengan benar karena beberapa faktor seperti masih belum mampu mengatur waktu
dengan tepat agar tidak banyak yang terbuang percuma dan belum maksimal dalam
memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk mendukung terciptanya proses
belajar yang efektif dan efisien.
Tes Formatif 2
1.Seorang guru mengajar
dengan merangkap kelas 3 dan kelas 4. Guru masuk di kelas 3 dan mulai
menjelaskan konsep, sementara kelas 4 menunggu, setelah selesai guru baru masuk
ke kelas 4, sementara kelas 3 menyalin dari papan tulis. Peristiwa itu tidak
sesuai dengan prinsip PKR yang ideal karena ….
A. murid tidak aktif
belajar
B. pelajaran terjadi secara
bergilir
C. guru banyak
mondar-mandir
D. murid belajar dalam dua ruang kelas
Jawab : B. pelajaran terjadi secara
bergilir
2.Berkaitan dengan
peristiwa pembelajaran pada no 1, kelas 4 harus menunggu, beberapa saat
sehingga……
A. murid menjadi rebut
B. kadar WKA rendah
C. suasana kelas tidak menyenangkan
D. sumber belajar tidak dimanfaatkan
Jawab : B. kadar WKA rendah
3. Penerapan PKR yang ideal akan memungkinkan terciptanya hal-hal
berikut, kecuali…..
A. terjadinya kerjasama antar murid
B. adanya persaingan yang sehat
C. murid merasa tertantang untuk belajar
D. beban guru menjadi ringan
Jawab : D. beban guru menjadi
ringan
4.Menyuruh murid menyalin
selama 30 menit dari papan tulis dapat mengurangi kadar WKA karena…..
A. menyalin tidak ada manfaatnya
B. murid cepat menjadi bosan
C. memboroskan waktu dan murid tidak belajar
D. menyalin dapat dilakukan di rumah
Jawab : C. memboroskan waktu dan
murid tidak belajar
5.Guru yang menerapkan PKR yang
ideal, di awal pembelajaran bertanya pada murid tetapi hampir tak ada kaitannya
dengan materi saat itu. Untuk apakah hal itu dilakukan?
A. mengulur waktu mengajar
B. Untuk menyiapkan mental anak terhadap pelajaran hari itu
C. agar murid terbiasa menjawab pertanyaan
D. agar murid memahami materi materi yang telah disampaikan
Jawab : B. Untuk menyiapkan
mental anak terhadap pelajaran hari itu
6. Sudut sumber belajar yang ditata oleh guru dapat digunakan untuk…..
A. hiasan ruang kelas
B. menerapkan konsep belajar sendiri dan pemecahan masalah
C. menyalurkan keinginan guru
D. khusus praktik IPA
Jawab : B. menerapkan konsep
belajar sendiri dan pemecahan masalah
7.Yang dimaksud guru sebagai perancang kurikulum adalah….
A. guru PKR harus memilih butir kurikulum yang perlu penekanan
B. guru PKR dapat mengusulkan untuk ikut merancang kurikulum
C. guru sebagai pelaksana kurikulum
D. guru PKR dapat merancang kurikulum baru
Jawab : A. guru PKR harus memilih
butir kurikulum yang perlu penekanan
8. Guru sebagai administrator, artinya…..
A. guru merencanakan dan
mengatur kelas serta jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang maksimal.
B. guru merangkap sebagai tata usaha
C. administrasi harus dikerjakan oleh guru
D. administrasi merupakan tugas tambahan guru selain mengajar
Jawab : A. guru merencanakan dan mengatur kelas serta
jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang
maksimal.
9.Dalam PKR guru dapat
memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini dapat dilakukan sehingga murid yang
padai dapat….
A. menunjukkan kelebihannya
B. meringankan beban guru mengajar
C. membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang
sama
D. menggantikan peran guru jika guru tidak hadir
Jawab : C. membantu murid pada
kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama
10.Guru PKR juga dapat
mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid membuat suatu keterampilan dari
bambu. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa guru…..
A. mengetahui sumber-sumber yang ada di desa
B. tidak mampu mengajar keterampilan dari bambu
C. mempunyai kemampuan terbatas
D. dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
Jawab : D.
dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
UNIT 2 : MODEL PENGELOLAAN DAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
SUBUNIT
1 : Prinsip Dan Model Pembelajaran
Kelas Rangkap
Latihan
Tiga model dasar dalam pengelolaan pembelajaran kelas rangkap telah kita
bahas bersama. Masing-masing mepunyai keunggulan dan kelemahan. Sebagai latihan
cobalah Anda menganalisis keunggulan dan kelemahan pada setiap model PKR
tersebut
Jawab :
Model
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
PKR 221
|
·
Kinerja guru maksimal
·
Masih ada waktu sisa yang
dapat dimanfaatkan
·
Siswa cenderung dapat
dikendalikan
|
·
Guru tidak banyak
mengajarkan materi
·
Siswa tidak fokus pada
pelajarannya karena pelajaran kelas lain
|
PKR 222
|
·
Siswa cenderung fokus
pada pelajarannya
·
Kinerja guru meningkat
|
·
Guru kesulitan
mengalokasikan waktu
·
Siswa tidak mendapatkan
pengayaan dari materi kelas lain
|
PKR 333
|
·
Kinerja guru meningkat
·
Guru dapat menggunakan
banyak metode dan sumber daya yang ada
|
·
Banyak waktu yang
terbuang dengan sia-sia
·
Guru akan kelelahan
karena banyaknya kelas dan materi yang harus diajarkan
|
Tes Formatif 1
1.Dilihat dari sasaran belajarnya PKR mempunyai ciri khas yaitu
adanya…….
A. perbedaan isi pembelajaran
B. variasi tingkat kemampuan
C. tuntutan pengelompokan yang homogen
D. sasaran belajar yang berjenjang
Jawab : B. variasi tingkat
kemampuan
2.Dilihat dari kadar isinya inti persoalan pengelolaan pembelajaran
adalah …….
A. dana yang dikeluarkan
B. manfaat sumber daya manusia
C. tujuan secara optimal
D. rencana pembelajaran
Jawab : B. manfaat sumber daya
manusia
3.Kualitas pembelajaran tergantung dari hal-hal sebagai berikut,
kecuali………..
A. gaji guru dan kesejahteraan keluarganya
B. penguasaan bahan pelajaran
C. kemahiran metodologis pembelajaran
D. kepedulian terhadap peserta didik
Jawab : A. gaji guru dan
kesejahteraan keluarganya
4.Model PKR 221 lebih cocok untuk pembelajaran mata pelajaran yang topiknya……
A. bertentangan
B.berhubungan
C. berjenjang –naik
D. berjenjang-meluas
Jawab : B.berhubungan
5.Murid harus selalu
diupayakan agar merasa bersama dengan gurunya dalam belajar, hal ini termasuk
prinsip …….
A. Overlappingness
B. alertness
C. withitness
D. dependence
Jawab : C. withitness
6.Model PKR 222 dan PKR 333
lebih cocok dalam pembelajaran mata pelajaran yang topic-topiknya……..
A. berjenjang –naik
B. berjenjang-meluas
C. berdiri sendiri
D. berkaitan
Jawab : C. berdiri sendiri
7.Dalam mengorganisasikan
kegiatan inti PKR model manapun diperlukan penerapan prinsip-prinsip berikut,
kecuali………
A. aneka media dan sumber
B. aneka kegiatan dan tugas belajar
C. variasi waktu belajar
D. diversifikasi, interaksi belajar
Jawab : C. variasi waktu belajar
8.Dalam pelaksanaan model
PKR 222 dan PKR 333 perpindahan guru dari kelas satu ke kelas lainnya
sebaiknya……
A. berjarak waktu yang sama
B. terserah guru saja
C. tergantung pada kemauan murid
D. sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
Jawab : D. sesuai dengan
kebutuhan pembelajaran
9.Proses saling membimbing antar murid dalam PKR perlu digalakkan
untuk…….
A. menggantikan tugas guru
B. mengatasi kekurangan sumber
C. meningkatkan pemahaman
D. mengurangi kejenuhan
Jawab : C. meningkatkan pemahaman
10.Salah satu keunggulan dari model PKR 333 adalah dampak belajar
berupa…..
A. korelasi pemahaman
B. saling ketergantungan
C. pengisian waktu senggang
D. kemandirian belajar
Jawab : D. kemandirian belajar
SUBUNIT
2 : Prinsip Didaktik-Metodik dan
Prosedur Dasar PKR
Tes Formatif 2
1.Sisi keilmuan dari mengajar berkenaan dengan……..
A. buku-buku yang dimiliki oleh guru
B. cara membelajarkan murid
C. suasana kelas yang menarik
D. teori mengajar yang dipakai
Jawab : D. teori mengajar yang
dipakai
2.Sisi kiat atau seni
mengajar antara lain terwujut dalam penampilan mengajar guru sebagai hasil
proses …..
A. pengalaman
B. pengertian
C. pembiasaan
D. penghayatan
Jawab : A. pengalaman
3.Memberi acuan belajar PKR dapat diwujutkan dalam bentuk…….
A. pembagian ruang masing-masing kelas
B. pengaturan alat dan sumber belajar
C. pemberian tugas yang berbeda antar kelas
D. penunjukan tutor sebaya
Jawab : C. pemberian tugas yang
berbeda antar kelas
4.Salah satu keuntungan
dari pembukaan kelas PKR secara bersama untuk beberapa kelas adalah……
A. menghemat waktu belajar yang terbuang
B. meningkatkan keterlibatan murid
C. menyederhanakan tugas guru
D. mempersingkat waktu belajar
Jawab : A. menghemat waktu
belajar yang terbuang
5.Rasa penasaran murid dapat dibangkitkan dengan cara……..
A. mengajukan pertanyaan
B. menyajikan informasi yang cukup
C. memberi tugas secara individual
D. menyajikan situasi penuh tanda tanya
Jawab : D. menyajikan situasi
penuh tanda tanya
6.Inti dari proses belajar adalah…….
A. penyampaian pengetahuan
B. penerimaan kebudayaan
C. perubahan perilaku
D. perwujudan motivasi
Jawab : C. perubahan perilaku
7.Supaya pembelajaran lebih manusiawi maka para siswa perlu……
A. selalu mendapat bimbingan
B. sewaktu-waktu diberi pujian
C. diberi kesempatan bertanya
D. didorong belajar atas arahan sendiri
Jawab : D. didorong belajar atas
arahan sendiri
8.Pemusatan perhatian murid dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara
lain……
A. guru berbicara dengan keras
B. mengemukakan masalah
C. menunjuk murid yang pandai
D. mengajak bernyanyi
Jawab : B. mengemukakan masalah
9.Untuk dapat mencapai waktu belajar efektif guru PKR sebaiknya……
A. memiliki jam tangan
B. mengajar lebih lama
C. terampil mengelola kelas
D. mengurangi waktu bicara
Jawab : B. mengajar lebih lama
10.Guru PKR yang baik ditandai oleh……
A. perhatian terpusat pada murid yang bodoh
B. perhatian lebih banyak pada materi pelajaran
C. perhatian yang terbagi pada semua murid
D. perhatian lebih banyak pada tugas-tugas murid
Jawab : D. perhatian lebih banyak
pada tugas-tugas murid
SUBUNIT
3 : Aneka Model Interaaksi Kelas Dalam
PKR
Tes Formatif 3
1.Dalam PKR setiap hari seorang guru menghadapi ……
A. sekelompok murid dalam satu kelas
B. beberapa kelas untuk satu mata pelajaran
C. lebih dari satu kelas dalam satu ruangan
D. satu kelas untuk beberapa mata pelajaran
Jawab : C. lebih dari satu kelas
dalam satu ruangan
2.Dalam melaksanakan PKR seorang guru ……..
A. tidak perlu menyusun jadwal harian
B. menggunakan jadwal harian umum
C. tidak memerlukan jadwal harian
D. harus menyusun jadwal harian khusus
Jawab : D. harus menyusun jadwal
harian khusus
3.Proses Belajar Arahan Sendiri cenderung lebih banyak tergantung
pada…..
A. Petunjuk Kepala Sekolah
B. petunjuk dan control guru
C. arahan guru dan inisiatif murid
D. inisiatif murid disertai bimbingan guru
Jawab : C. arahan guru dan
inisiatif murid
4.Inti dari Proses Belajar Melalui Kerja Sama adalah……
A. saling ketergantungan antar murid
B. kebersamaan dalam belajar
C. semangat belajar kelompok
D. penghematan tenaga guru
Jawab : B. kebersamaan dalam
belajar
5.Untuk mendukung pelaksanaan PBAS diperlukan…..
A. guru yang serba tahu
B. aneka ragam sumber belajar
C. Lingkungan yang mendukung
D. Waktu belajar yang panjang
Jawab : B. aneka ragam sumber
belajar
6.Titik berat dari model belajar Olah Pikir Sejoli adalah ……..
A. interaksi guru murid
B. dialog kelompok kecil
C. dialog pasangan murid
D. interaksi antar kelompok murid
Jawab : C. dialog pasangan murid
7.Dalam belajar Konsultasi Intra Kelompok proses belajar berlangsung
melalui……
A. Tanya jawab antar murid
B. pemanfaatan sumber belajar bersama
C. pemecahan masalah dalam kelompok
D. kelompok dinamik dengan menggunakan sumber belajar
Jawab : D. kelompok dinamik
dengan menggunakan sumber belajar
8.Murid kelas yang lebih
tinggi membantu murid kelas yang lebih rendah dalam situasi PKR. Situasi
seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan format belajar……
A. ATTa
B. TTS
C. DMB
D. TLK
Jawab : D. TLK
9.Dalam menggunakan setiap model belajar dalam PKR, guru harus memperhatikan….
A. jumlah murid dalam kelompok
B. sarana belajar yang tersedia
C. kepuasan guru dalam mengajar
D. dampak belajar yang diharapkan
Jawab : D. dampak belajar yang
diharapkan
10.Persamaan model belajar TDR dan ATTa/ATTu terletak pada…..
A. jumlah kelompok belajar yang dibentuk
B. hubungan pemberian tugas dan tukar pikiran
C. peran guru sebagai pemberi informasi
D. pengendalian yang ketat oleh guru
Jawab : B. hubungan pemberian
tugas dan tukar pikiran
UNIT 3
: PENGELOLAAN KELAS DALAM PKR
SUBUNIT
1 : Penataan Ruang Kelas
Latihan
1. Sebutkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang
kelas.
Jawab :
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang kelas
adalah sebagi berikut :
·
Daerah pajangan
·
Kemudahan bergerak
·
Sinar atau cahaya
·
Panas dan ventilasi
·
Papan tulis
·
Bangku dan kursi
·
Meja guru
·
Sudut aktivitas seperti sudut membaca, sudut IPA, sudut hasil karya
murid, warung, sudut rumah tangga, dan gudang / tempat menyimpan peralatan,
2. Berilah penjelasan
mengapa dalam PKR, guru harus mengatur denah yang sesuai dengan bentuk kegiatan
belajar?
Dalam PKR, guru harus mengatur denah kelas yang sesuai dengan bentuk
kegiatan belajar karena alasan sebagai berikut :
·
Semua sumber belajar ada dalam ruangan sehingga mudah mengatur
penggunaannya
·
Supervisi mudah dilakukan karena semua murid dan kegiatan belajar berada
dalam satu ruangan
·
Kegiatan belajar lebih bervariasi, sehingga membuka peluang untuk
menghasilkan iklim kelas yang positif
·
Sarana dapat ditata dengan baik sehingga memenuhi kebutuhan dan
keindahan
3. Mengapa hasil karya
murid perlu dipajang di ruang kelas? Dan apa saja yang perlu dipertimbangkan
dalam memajang hasil karya tersebut
Jawab :
Hasil karya murid perlu dipajang dalam agar ruangan kelas menarik dan
membuat murid betah dalam kelas dan mengandung pesan kependidikan.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam dalam memajang hasil karya
murid yaitu sebagai berikut :
- Manfaatkanlah tempat yang ada untuk pajangan.
- Ciptakan lingkungan kelas
yang menarik, semua murid merasa seolah-olah kelas itu miliknya.
- Pekerjaan murid diamati sungguh-sungguh,
sehingga ada kesan Anda menghargai upaya mereka.
- Bila ada teman guru yang lebih ahli dalam menata pajangan, mintalah petunjuk.
- Libatkan murid-murid dalam memilih benda-benda yang akan dipajang.
- Diskusi kelas untuk
menentukan mana benda yang lebih menarik untuk dipajang perlu dilakukan.
- Jagalah keseimbangan
karya yang dipajang antara yang dihasilkan murid yang pintar dan kurang pintar,
murid kelas rendah dan kelas tinggi.
- Murid akan merasa bangga bila melihat namanya tertera pada karya yang dipajangkan.
- Hindarilah memajang karya
murid dalam waktu yang terlalu lama. Lakukan perubahan dan pergantian secara
teratur.
- Gunakan bahan pajangan dari bahan lokal, sehingga dapat menghemat
biaya
Tes Formatif 1
1.Dalam pengelolaan kelas aspek yang paling penting adalah……..
A. Menyiapkan Satua Pelajaran
B. Pembentukan Dewan Sekolah
C. Pemilihan Ketua kelas
D. Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
Jawab : D. Menyusun aturan dan
penataan ruang kelas
2.Berikut ini adalah kegiatan guru dalam pengelolaan kelas, kecuali………
A. Mengunjungi orang tua murid
B. Menata ruang untuk memajang karya karya murid
C. Memilih bangku dan kursi yang cocok untuk murid-murid
D. Memikirkan bagaimana menempatkan meja guru yang cocok
Jawab : A. Mengunjungi orang tua
murid
3.Kegunaan dari sudut IPA yang paling tepat adalah…………..
A. Untuk melakukan kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
B. Untuk menempatkan koleksi benda yang dikumpulkan dari alam
C. Untuk tempat membaca bagi murid
D. Untuk tempat diskusi bagi bagi guru-guru yang akan mengajar IPA
Jawab : A. Untuk melakukan
kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
4.Kelemahan yang
palingmenonjol dari pengaturan denah kelas yang tradisional adalah………..
A. Meningkatkan jumlah waktu bergilir yang terbuang
B. Beban guru menjadi bertambah untuk menyiapkan pelajaran
C. Sulit untuk memberikan umpan balik secara perorangan
D. Mengurangi minat murid untuk bekerja sama
Jawab : C. Sulit untuk memberikan
umpan balik secara perorangan
5.Dalam memilih Bentuk Kegiatan Belajar (BKB), pertimbangan terpenting adalah…….
A. Menyediakan bahan belajar yang cukup untuk setiap murid
B. Menyediakan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan
C. Memilih BKB yang sesuai dengan kemauan guru
D. Tidak menempatkan BKB individual dan kelompok saling berdekatan
Jawab : D. Tidak menempatkan BKB
individual dan kelompok saling berdekatan
6.Tujuan yang kurang begitu penting dengan adanya papan pajangan
adalah………
A. Melengkapi alat peraga yang akan dipakai oleh guru
B. Memupuk kerja sama anak melalui cipta dan karya
C. Meramaikan suasana dalam kelas
D. Memamerkan karya murid yang terbaik dalam kelas tersebut
Jawab : C. Meramaikan suasana
dalam kelas
7.Faktor yang paling penting akan perlunya PKR adalah………
A. jumlah guru di daerah terpencil
B. kurangnya alat dan bahan pelajaran
C. lebih memudahkan persiapan mengajar guru
D. adanya rentangan yang lebar dalam kemampuan murid
Jawab : A. jumlah guru di daerah
terpencil
8.Kegiatan pembelajaran
berikut ini yang paling tidak cocok untuk pelajaran klasikal adalah…….
A. Bermain peran
B. Menyampaikan informasi pada murid
C. Latihan bola volley
D. Tutorial berpasangan
Jawab : D. Tutorial berpasangan
9.Yang perlu diperhatikan guru dalam memilih strategi mengajar
sebaiknya…….
A. Pengajaran kelompok kecil
B. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. Sesuai dengan kebutuhan
D. Pengajaran klasikal
Jawab : C. Sesuai dengan
kebutuhan
10.Fungsi dari pajangan bagi pembelajaran yang paling kurang cocok
adalah …….
A. Memupuk kerja sama anak melalui hasil karyanya
B. Memberikan informasi pada murid
C. Menumbuhkan kebanggaan bagi murid yang karyanya dipajang
D. Untuk menghiasi ruangan kelas
Jawab : D. Untuk menghiasi
ruangan kelas
SUBUNIT
2 : Pengelolaan Murid
Latihan
Apabila Anda harus mengajar di kelas II dan kelas IV secara bersamaan, dan
masing-masing kelas muridnya berjumlah 4(untuk kelas II) dan 6(untuk kelas IV).
Keadaan seperti itu menguntungkan Anda apabila Anda mampu memanfaatkan konsep
atau teori yang telah diuraikan di muka. Apa yang harus Anda lakukan agar
pelajaran berjalan lancar? Semua murid baik kelas II maupun kelas IV dapat menyelesaikan
tugas? Metode pembelajaran yang bagaimana yang cocok untuk ini? Jenis tutorial
mana yang paling cocok untuk keadaan seperti itu?
Jawab :
Jadwal belajar kelas II dan IV
Waktu
|
Kelas
|
|
II ( Dua )
|
IV ( Empat )
|
|
07.00 - 07.35
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
07.35 - 08.10
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
08.10 - 08.45
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
08.45 - 09.00
|
istirahat
|
|
09.00 - 09.35
|
Tema Lingkungan
|
IPA
|
09.35 - 10.10
|
Tema Lingkungan
|
IPA
|
10.10 - 10.25
|
istirahat
|
|
10.25 - 11.00
|
|
PKn
|
11.35 - 12.10
|
|
PKn
|
Jenis tutor yang digunakan adalah tutor sebaya dan tutor kakak
Proses tutorial yaitu sebagai berikut :
- Murid kelas II diberi materi oleh guru, kemudian diberi tugas kelompok.
- Selanjutnya murid kelas IV diberi materi oleh guru lalu diberi tugas
kelompok
- Murid kelas II yang telah
selesai mengerjakan tugas diajak untuk mengajar temannya yang belum selesai,
begitupun dengan murid kelas IV
- Murid kelas IV yang telah
selesai dapat juga diajak untuk membimbing anak kelas II yang kesulitan belajar
Metode yang digunakan
adalah metode kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda.
Sebagai guru saya berperan
sebagai pengajar dan fasilitator dalam kelompok.
Tes Formatif 2
1.Perangkapan kelas yang dilakukan dengan cara mengajar “bergilir” menyebabkan…..
A. Meningkatkan efisiensi karena dapat mengajar 2 kelas sekaligus
B. Menurunnya efisiensi dan efektifitas belajar
C. Meringankan kerja guru
D. Merepotkan kerja guru
Jawab : B. Menurunnya efisiensi
dan efektifitas belajar
2. Pemanfaatan tutor murid (tutor kakak dan tutor sebaya) dalam PKR
adalah……..
A. Kurang tepat karena tingkat pengetahuan mereka sama
B. Bertentangan dengan kodrat karena murid itu harus diajari
C. Membantu meningkatkan prestasi belajar murid
D. Untuk menggantikan guru mengajar
Jawab : C. Membantu meningkatkan
prestasi belajar murid
3.Tutor murid dipilih dari murid yang mempunyai ciri berikut……..
A. Paling besar
B. Paling tua
C. Paling pintar
D. Paling dekat dengan guru
Jawab : C. Paling pintar
4. Pemanfaatan tutor di SD memungkinkan berdasarkan berbagai alasan,
kecuali….
A. Secara alami anak-anak memerlukan bantuan
B. Bahas anak mudah dipahami oleh murid
C. Memanfaatkan murid yang padai
D. Meringankan kerja guru
Jawab : D. Meringankan kerja guru
5. Tutor dapat dimanfaatkan pada ………
A. Saat guru ada kepentingan di luar sekolah
B. Saat belajar
C. Pada saat diskusi kelompok saja
D. Untuk mengawasi ulangan
Jawab : B. Saat belajar
6. Selama ini tutor di anggap kurang efektif dengan alasan, kecuali……..
A. Pelajaran dia sebagai tutor tertanggu
B. Pelajaran yang diperoleh tutor berbeda dengan yang harus ditutorkan
C. Sulit melatih tutor
D. Murid sebaiknya hanya menerima pelajaran
Jawab : D. Murid sebaiknya hanya
menerima pelajaran
7. Menurut teori “mastery learning” tentang murid yang
dikemukakan Bloom adalah
A. Murid terdiri dari murid pintar dan murid bodoh
B. Murid cepat dan murid lambat
C. Semua murid sama saja kepandaiannya
D. Murid perlu diajari terus oleh guru
Jawab : B. Murid cepat dan murid
lambat
8. Belajar mandiri menurut Bruce Miller adalah……
A. Cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali
murid
B. Belajar sendirian
C. Tidak perlu diajar oleh guru
D. Cukup diajar oleh tutor saja
Jawab : A. Cara belajar yang sepenuhnya
atau sebagian besar dibawah kendali murid
9. Manfaat dari kelompok belajar adalah ……
A. Forum belajar agar murid dapat saling membantu dalam belajar
B. Agar murid duduknya diatur secara berkumpul
C. Agar murid dapat belajar dengan murid lainnya
D. Agar murid saling mengenal satu sama lain
Jawab : A. Forum belajar agar
murid dapat saling membantu dalam belajar
10. Jenis kelompok belajar manakah yang sesuai dengan system pendidikan
di SD?
A. Kelompok terdiri dari usia sama
B. Kelompok terdiri dari kemampuan yang berbeda
C. Kelompok terdiri dari kemampuan yang sama
D. Tergantung pada kebutuhan belajar.
Jawab : D. Tergantung pada
kebutuhan belajar.
SUBUNIT
3 : Disiplin Kelas
Latihan
Sebelum waktu pulang murid Anda sudah menyelesaikan tugasnya lebih
cepat. Buatlah kegiatan dalam bentuk permainan, yang dapat Anda berikan untuk
kelas tersebut. Coba terapkan pada murid Anda. Bila menemui kesulitan
diskusikan dengan tutor Anda! Untuk mengerjakan tugas tersebut dengan baik
berpedomanlah pada aspek berikut ini:
- tentukan nama permainan
- tujuan apa yang akan dicapai
- kegiatan apa yang dilakukan
Jawab :
1. Nama permainan :
- catur
- congklak
2. Tujuan yang akan dicapai adalah :
- murid mempunyai komitmen untuk didiplin pada aturan
yang berlaku seperti dalam permainan yang juga mempunyai aturan yang harus
ditaati
- murid akan mendapatkan nilai tambah dalam
pengetahuannya tentang permainan yang diberikan
3. Kegiatan yang dilakukan adalah :
- murid dibagi dalam kelompok
- dalam melakukan permainan, setiap anggota
kelompok dapat ikut bermain secara
bergantian pada permainan yang sama dan waktu yang sama pula.
- guru memberikan langkah-langkah dalam permainan
tersebut dan aturan yang harus ditaati
Tes Formatif 3
1. Manfaat dari Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah……..
A. mengisi kegiatan pada waktu luang
B. menggantikan guru yang tidak hadir
C. memberi tugas tambahan pada murid
D. meningkatkan disiplin murid
Jawab : A. mengisi kegiatan pada
waktu luang
2. Berikut ini termasuk kegiatan ARK, kecuali……….
A. menyiapkan sumber belajar
B. memberikan tugas untuk setiap kelas PKR
C. menyiapkan alat pelajaran dan alat peraga
D. memberikan PR pada murid
Jawab : D.
memberikan PR pada murid
3. Kegiatan Siap (KS) bermanfaat untuk………
A. mengisi waktu kosong pada saat pembelajaran berlangsung
B. mengisi kegiatan di rumah
C. menggantikan guru yang berhalangan hadir
D. hukuman bagi murid yang tidak membuat PR
Jawab : D. hukuman bagi murid yang tidak membuat PR
4. Lembar Kerja Murid(LKM) dapat dimasukkan pada berikut ini, kecuali……
A. Aturan Rutin Kelas
B. Kegiatan Siap
C. Lembar penuntun kegiatan
D. Lembar tes
Jawab : D. Lembar tes
5. KS dapat diberikan pada pembelajaran berikut ini, kecuali…….
A. klasikal
B. kelompok
C. individual
D. pasangan
Jawab : A. klasikal
6. Kegiatan pembelajaran klasikal dalam PKR adalah………
A. mengganggu pelaksanaan PKR
B. menjadi kunci dalam penerapan PKR
C. tidak sesuai dengan konsep PKR
D. tidak ada kaitannya dengan PKR
Jawab : B. menjadi kunci dalam
penerapan PKR
7. Dalam mempersiapkan KS, yang paling penting bagi Anda adalah……
A. SP dan jadwal pelajaran
B. topik pelajaran
C. pengalaman
D. adanya tutor
Jawab : A. SP dan jadwal pelajaran
8. ARK merupakan sesuatu yang bukan baru bagi Anda, karena…….
A. sudah ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan
B. guru sudah memperoleh penataran
C. sudah belajar ketika di SPG
D. diatur oleh sekolah
Jawab : A. sudah ada beberapa
kegiatan yang sudah dilaksanakan
9. Kegiatan berikut ini termasuk ARK, kecuali……….
A. membersihkan dan membuat tugas dipapan tulis
B. menyiapkan sumber bahan
C. menyiapkan tutor
D. cara murid meminta bantuan guru.
Jawab : D. cara
murid meminta bantuan guru
10. Dalam PKR, ARK yang baik adalah harus……
A. berkaitan dengan kegiatan di luar kelas
B. berkaitan dan menunjang pelajaran
C. tidak perlu berkaitan dengan pelajaran
D. berkaitan dengan SP.
Jawab : B. berkaitan dan menunjang pelajaran
UNIT 4
: LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
SUBUNIT
1 : Sekolah Dan Guru Sebagai Sumber
Belajar
Latihan
Anda seorang guru Kesenian, di Sekolah Anda hanya terdapat 3 (tiga)
orang guru termasuk Kepala Sekolah. Karena keterbatasan guru Anda diminta untuk
membantu mengajar di kelas II dan III dan pelajaran Olah raga untuk semua
kelas, sementara Anda merasa khawatir karena tidak menguasai mata pelajaran
tersebut. Di SD lain dekat SD Saudara terdapat seorang Guru Olah Raga dengan
berbagai peralatan olahraga. Apa yang akan Anda Lakukan untuk mengatasi
permasalahan yang ada, agar murid-murid yang menjadi tanggung jawab Anda dapat
mengikuti pembelajaran dengan baik?
Jawab :
Yang akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah saya
tidak akan malu-malu untuk bertanya ataupun minta tolong bahkan bekerja sama
saling melengkapi. Untuk mata pelajaran olaraga, saya akan bertanya bagaimana
metode yang akan digunakan serta bagaiman membelajarkannya. Bila mengharuskan
memakai alat-alat olaraga, maka saya akan meminjam alat-alat olaraga dari
sekolah tetangga tersebut. Bila mengalami kesulitan, saya akan berdiskusi
dengan guru olaraga tersebut dan melakukan tutorial bersama.
Tes Formatif 1
1.Jelaskan dalam kondisi
apa saja seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah!
Jawab :
Seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah ketika jumlah
tenaga guru tidak sebanding dengan jumlah rombongan kelas dan mata pelajaran
yang harus diajarkan. Selain itu guru juga harus menjadi partner dengan guru
yang ada dalam satu sekolah. Begitu juga bila guru yang bersangkutan tidak
menguasai materi yang akan diajarkan sehingga harus bertanya atau meminta
bantuan kepada guru lain yang ada dalam satu sekolah.
2.Jelaskan dalam kondisi
apa saja seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain!
Jawab :
Seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain ketika :
·
Guru tersebut tidak mempunyai buku sumber dan atau alat peraga pelajaran
·
Guru tersebut tidak menguasai materi yang akan diajarkan
·
Guru tersebut harus mengajar 3 atau lebih kelas dalam waktu yang
bersamaan,sementara guru dari sekolah lain sedang tidak ada jam mengajar pada
waktu yang bersamaan
3.Berikan satu contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah
lain!
Jelaskan bagaimana kerjasama tersebut dapat berlangsung baik!
Jawab :
Contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah lain misalnya
Pak Rudi adalah guru pada SD A adalah guru Matematika yang harus mengajar juga
pada kelas IV, V, VI dan mengajar mata pelajaran olaraga. Dalam mengajar
olaraga, Pak Rudi merasa kesulitan karena belum pernah mengajarkan olaraga dan
kurangnya alat-alat olaraga yang ada di sekolah Pak Rudi. Tak jauh dari sekolah
Pak Rudi ada guru olaraga dari SD B. Pak Rudi tak merasa malu untuk bertanya
dan belajar cara mengajarkan olaraga serta meminjam alat-alat olaraga untuk
proses pembelajaran.
4.Apa manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya KKG?
Jawab :
Manfaat yang diperoleh dengan adanya KKG adalah sebagai forum yang dapat
dijadikan untuk saling tukar informasi, pengalaman, berdiskusi, untuk
memecahkan berbagai kesulitan mengajar dan mengerjakan sesuatu secara bersama
SUBUNIT
2 : Memanfaatkan Lingkungan Sebagai
Sumber Belajar
Tes
Formatif 2
1. Dalam pendidikan pada dasarnya lingkungan adalah………
A. tempat bermain
B. tempat belajar
C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
D. tempat siswa beradaptasi dengan alam
Jawab : C. laboratorium raksasa
yang merupakan sumber belajar
2. Lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar
adalah……
A. Kantin sekolah
B. Museum
C. Cagar alam
D. Puskesmas
Jawab : A. Kantin sekolah
3. Seorang ulama/pendeta dapat dapat menjadi nara sumber bagi siswa pada
saat
A. pelajaran agama
B. perayaan hari-hari besar keagamaan
C. setiap hari
D. semua benar
Jawab : B. perayaan hari-hari
besar keagamaan
4. Memanfaatkan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan pada pembelajaran…….
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab : A. IPA
5. Untuk memahami dan
mengenal berbagai macam benda bersejarah pada pembelajaran IPS siswa dapat
dijak mengunjungi…..
A. Museum
B. candi
C. situs-situs peninggalan sejarah
D. semua benar
Jawab : D. semua benar
6. Mengapa dalam proses belajar mengajar lingkungan sekitar mempunyai
peran yang penting?
A. karena lingkungan memberikan suasana segar
B. karena belajar di lingkungan dapat juga menjadi ajang rekreasi
C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
D. Belajar di lingkungan membuat siswa dapat bercAnda gurau dengan
sesama teman
Jawab : C. belajar di lingkungan
dapat memberikan pengalaman nyata
7. Sebuah pasar dapat
dijadikan sumber belajar. menurut Anda pembelajaran apa saja yang dapat
berlangsung di sana?
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab : D. Semua pelajaran
8. Menurut Anda pada saat kapan lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai
sumber belajar?
A. pada saat guru dan siswa merasa jenuh belajar di dalam kelas
B. pada saat guru kekurangan alat peraga
C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui
di sekolah
D. pada saat guru dan siswa merasa perlu adanya suasana baru dalam pembelajaran
Jawab : C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar
yang tidak dapat di temui di sekolah
9. Pembelajaran dengan
pendekatan PKR yang dilakukan di lingkungan sangat membutuhkan …..
A. LKS
B. Lembar kerja
C. Alat-alat kerja
D. Bahan-bahan kerja
Jawab : A. LKS
10. Menurut Anda keuntungan
dan manfaat apa yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar……
A. membantu guru supaya tidak repot menyiapkan alat dan bahan
pembelajaran
B. membantu siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam pembelajarannya
C. Membantu siswa dalam mendapat kesempatan rekreasi
D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam
Jawab : D. Membantu siswa dalam
menikmati pemAndangan alam
SUBUNIT
3 : Menciptakan Lingkungan Sebagai
Sumber Belajar
Latihan
Ketika sedang membimbing mahasiswa PPL di kabupaten MAPPI distrik Bade,
seorang guru Ibu Nn bercerita bahwa ia sangat kesulitan memberikan contoh-contoh
yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misal dalam memberikan contoh
berbagai jenis hewan, disana siswa hanya mengenal jenis hewan tertentu terutama
Rusa dan Kasuari. Pada saat mengajar IPA di
kelas VI Ibu Nn menunjukkan gambar sapi namun oleh siswa gambar tersebut
disebut Rusa (Rusa di daerah tersebut banyak yang bertubuh sangat besar).
Demikian pula untuk menjelaskan tentang hal-hal lain seperti Pasar dan berbagai
jenisnya, Museum dan lainnya Ibu Nn sangat merasa kesulitan.
Jika Anda berada pada posisi ibu Nn apa yang harus Anda lakukan?
1. Langkah-langkah apa saja
yang Anda lakukan untuk mempersiapkan pembelajaran dengan berbagai kekurangan
yang ada di lingkungan sekolah seperti ibu Nn?
2. Menurut Anda metode
pembelajaran apa yang sebaiknya diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami
ibu Nn?
Jawab :
1. Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk mempersiapkan
pembelajaran yaitu :
a)
Menciptaka ruang kelas yang menyenangkan
b)
Menyiapkan Lembar Kerja Murid
c)
Memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada disekitar yang berkaitan
dengan materi yang ada
d)
Memajang beberapa hasil karya murid di dalam kelas untuk mendukung
proses pembelajaran
e)
Memanfaatkan alam terbuka sebagai media pembelajaran
f)
Menyiapkan buku bacaan bergambar
2. Metode yang sebaiknya
diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami oleh Ibu Nn adalah metode
bermain, metode diskusi, dan metode kerja kelompok.
UNIT 5 : KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN
DALAM PKR
SUBUNIT
1 : Hakekat Keterampilan Mengajar
Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
1. Sebagai guru SD, Anda
pasti sudah pernah mengajar kelompok kecil, dengan cara membagi murid ke dalam
kelompok-kelompok kecil. Cobalah ingat, apa yang biasanya Anda lakukan ketika
mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kegiatan kelompok
sedang berlangsung. Berdasarkan ingatan tersebut, cobalah perkirakan, ciri-ciri
mengajar kelompok kecil yang mana yang sudah Anda terapkan?
Jawab :
Yang saya lakukan ketika mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok
serta ketika kelompok sedang berlangsung adalah :
·
Melakukan identifikasi murid dari sisi intelektual, karakter, dan keaktivan
·
Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kelompok
·
Membagi murid ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan kemampuan
·
Menata ruang dan sumber belajar agar menciptakan kondisi yang
memungkinkan
·
Mengatur alokasi waktu yang akan digunakan
Ciri-ciri belajar kelompok yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
·
Terjadi interaksi antar anggota dalam kelompok yang membuat kelompok
menjadi hidup
·
Murid yang lebih pintar menjadi tuotr sebaya bagi temannya
2. Cobalah diskusikan
dengan teman-teman Anda, topik-topik mana yang sebaiknya disajikan melalui
kegiatan kelas besar (klasikal) serta topik mana yang sebaiknya disajikan
melalui kegiatan kelompok kecil.
Jawab :
Topik-topik yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar (
klasikal ) :
·
Topik yang sifatnya tidak membutuhkan kegiatan diskusi atau praktikum
·
Topik yang tidak membutuhkan waktu yang banyak
Topik-topik yang sebaiknya
disajikan melalui kegiatan kelompok kecil adalah topik yang membtuhkan waktu
yang banyak dan memerlukan kegiatan pengalamian.
3. Bekerjalah dengan teman
yang sudah pernah mengajar kelas rangkap. Cobalah rancang satu pengorganisasian
murid (kapan akan digunakan kegiatan klasikal, kelompok kecil dan perorangan),
jika seandainya Anda akan mengajar kelas rangkap. Diskusikan alasan Anda untuk
pengorganisasian yang Anda kembangkan tersebut.
Jawab :
Rancangan pengorganisasian murid sebagai berikut :
·
Pengelompokan murid berdasarkan rombongan kelas dengan menggunakan model
pengelolaan PKR 221
·
Murid dikelompokkan ke dalam kelompok kecil dan murid yang pintar
disebar ke kelompok-kelompok
·
Mengorganisasikan bahan ajar, mengatur denah kelas, memjang hasil karya
murid yang berkaitan dengan topik yang akan disajikan
Kegiatan klasikal digunakan
bila topik yang disajikan tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak.
Kegiatan kelompok kecil dan
perorangan digunakan bila topik yang akan disajikan membutuhkan waktu yang
banyak dan memuat kegiatan praktikum atau kegiatan diskusi serta jumlah murid
yang banyak.
Tes
Formatif 1
1. Pengajaran kelompok
kecil dan perorangan memberi kesempatan kepada murid untuk melakukan hal-hal
berikut, kecuali ....
A. belajar dari teman
B. memilih teman sendiri
C. mengajar atau membantu teman
D. memilih cara belajar yang disenangi
Jawab : B. memilih teman sendiri
2. Salah satu ciri pengajaran kelompok kecil dan perorangan adalah ....
A. murid lebih sering belajar dalam kelompok
B. adanya pembagian waktu yang ketat
C. adanya hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
D. murid bebas memilih teman belajarnya
Jawab : C. adanya hubungan
antarpribadi yang akrab dan sehat
3. Pelajaran dalam bentuk
kelas besar (klasikal) mempunyai kekuatan dalam menyadarkan murid bahwa ....
A. tidak semua kebutuhannya dapat dipenuhi
B. tidak semua pelajaran mudah dicerna
C. masa sekolah adalah masa untuk belajar
D. masa belajar penuh dengan tantangan
Jawab : A. tidak semua
kebutuhannya dapat dipenuhi
4. Pelajaran dalam bentuk kelompok kecil dapat membiasakan murid untuk
....
A. menyelesaikan tugas pada waktunya
B. bekerja secara rapi dan teratur
C. merangkum hasil belajarnya
D. bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
Jawab : D. bekerja sama dalam
menyelesaikan tugas
5. Pembelajaran secara perorangan menuntut murid untuk mampu ....
A. berprestasi lebih baik
B. mencari informasi yang diperlukan
C. bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
D. mengatur waktu belajar
Jawab : C. bertanggung jawab
terhadap hasil belajarnya
6. Guru PKR akan banyak
memetik keuntungan dari penguasaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan karena ....
A. PKR selalu menggunakan pengajaran kelompok kecil dan perorangan
B. hakekat PKR hampir sama
dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. dalam waktu yang sama guru menghadapi dua kelas atau lebih
D. guru sudah terlatih mengelola kelas
Jawab : B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat
pengajaran kelompok kecil dan perorangan
7. Penjelasan tentang tugas dan cara kerja kelompok sebaiknya
disampaikan dalam ....
A. kelas besar, sebelum kegiatan kelompok
B. kelompok kecil, ketika kegiatan berlangsung
D. tatap muka perorangan
E. bentuk tanya jawab dalam kelompok kecil
Jawab : A. kelas besar, sebelum
kegiatan kelompok
8. Kegiatan kelompok kecil
yang efektif selalu diakhiri dengan kulminasi, yang dapat diisi dengan kegiatan
berikut, kecuali ....
A. laporan dan tanggapan
B. merangkum hasil-hasil kelompok
C. menyerahkan laporan kepada guru
D. mendemonstrasikan salah satu hasil pekerjaan kelompok
Jawab : C. menyerahkan laporan
kepada guru
9. Keberhasilan kerja
kelompok sangat ditentukan oleh persiapan guru, yang meliputi hal-hal berikut, kecuali
....
A. pengaturan materi dan sumber belajar
B. penetapan ketua dan sekretaris kelompok
C. pengaturan waktu dan ruangan
D. penetapan bentuk dan cara pengelompokkan
Jawab : B. penetapan ketua dan
sekretaris kelompok
10. Dalam kegiatan
perorangan, guru perlu mengenal murid secara pribadi agar guru dapat melakukan
hal-hal berikut, kecuali ....
A. membantu murid sesuai dengan kebutuhannya
B. mengatur kondisi belajar
C. menindaklanjuti hasil belajar murid
D. memberikan laporan
kepada orang tua murid
Jawab : D. memberikan laporan kepada orang tua murid
SUBUNIT
2 : Komponen Keterampilan Mengajar
Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
1. Baca kembali dengan
cermat keempat kelompok keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Buatlah satu daftar keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya,
sehingga merupakan satu lembar pengamatan.
Jawab :
Kelompok keterampilan
|
Subkelompok keterampilan
|
Hal-hal yang dimati
|
Pengelompokan murid berdasarkan rombongan belajar
|
·
PKR 111
·
PKR 221
·
PKR 331
|
·
Kehadiran
·
Penilaian
·
Pengaturan tugas
|
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan kemampuan
|
·
PKR 121
·
PKR 221
·
PKR 321
|
·
Prestasi
·
Kemampuan umum
·
Bahan ajar
|
Pengelompokan murid berdasarkan kemampuan campuran
|
·
PKR 221
·
PKR 222
·
PKR 321
|
·
Kesamaan bakat
·
Kemampuan khusus
|
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan usia
|
·
PKR 111
·
PKR 211
·
PKR 311
|
·
Kemampuan dan kecepatan belajar
·
Bahan ajar
|
2. Cobalah amati teman Anda
yang sedang mengajar kelompok kecil. Tandailah keterampilan membimbing dan
memudahkan belajar yang muncul selama dia mengajar. Pada saat lain, amati teman
yang sama dan catat keterampilan mengorganisasikan kegiatan yang muncul.
Diskusikan hasil pengamatan Anda dengan teman tersebut.
Jawab :
Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar yang muncul selama teman
mengajar yaitu :
·
Waktu yang digunakan dapat diefektifkan sehingga materi dapat
dituntaskan sesuai perencanaan
·
Murid yang mengalami kesulitan belajar dapat dibimbing dengan
memanfaatkan tutor sebaya dan tutor kakak
·
Dapat mengkonkritkan bahan ajar sehingga dapat diserap dan dicerna
dengan baik oleh murid
Keterampilan mengorganisasikan
kegiatan yang muncul :
·
Mengorganisasikan waktu dengan baik dan tepat
·
Sumber-sumber belajar dapat diefektifkan sehingga menunjang proses
pembelajaran
3. Cobalah rancang kegiatan
kelompok kecil untuk kelas Anda selama ± 40 menit. Laksanakanlah rancangan tersebut, dan mintalah salah seorang
dari teman Anda untuk mengamati Anda. Setelah selesai, diskusikan hasil
pengamatan tersebut.
Jawab :
Hasil pengamatan kegiatan kelompok kecil selama pelaksanaan :
·
Pembelajaran dilakukan berdasarkan perbedaan individual dan melakukan
layanan bimbingan
·
Guru memberikan pelayanan dan bimbingan kepada murid secara tidak merata
sehingga tidak terjadi kesenjangan
4. Kalau di tempat tutorial
Anda ada video pembelajaran kelas rangkap, cobalah amati modelnya yang
ditayangkan melalui video. Fokuskan pengamatan Anda pada munculnya keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan. Bandingkan dan diskusikan hasil
pengamatan Anda dengan hasil pengamatan teman lain.
Jawab :
Hasil pengamatan video pembelajaran kelas rangkap :
·
Guru memberikan perhatian kepada murid sehingga tercipta hubungan yang
akrab antara guru dengan murid dan antara murid dengan murid
·
Murid yang tidak cepat tanggap dengan penjelasan guru menjadi tanggap
apabila dijelaskan ulang temannya yang telah mengerti.
·
Murid yang mengajar atau melatih temannya menjadi semakin mengerti dan
memahami pelajaran
·
Murid belajar dengan aktif dan merasa bertanggung jawab
5. Ketika Anda sendiri
harus mengajar kelas rangkap, cobalah terapkan secara sungguh-sungguh
keterampilan membimbing dan memudahkan belajar. Bila mungkin, mintalah seorang
rekan Anda untuk mengamati ketika Anda sedang mengajar. Setelah selesai,
mintalah hasil pengamatan tersebut dan cocokkan dengan kesan Anda sendiri.
Jawab :
Hasil pengamatan mengenai keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
dalam mengajar kelas rangkap yaitu :
·
Lebih banyak interaksi yang terjadi antara guru dengan murid dan murid
dengan murid yang fokus membahas tentang topik yang dipelajari
·
Guru tidak terlalu banyak menggunakan ceramah sehingga guru tidak cepat
lelah dalam mengajar karena harus banyak berbicara
·
Aspek sosial, emosional, moral, dan bahasa murid nampak sehingga secara
keseluruhan karena muncul secara sadar atau tidak disadari oleh murid
·
Guru dapat memantau perkembangan setiap anak sehingga anak yang
mengalami kesulitan belajar dapat diberikan bimbingan dan pelatihan khusus
sementara anak yang mudah menangkap dan mengerti pelajaran dapat diberikan pengayaan
daan atau menjadi guru pamong bagi temannya.
UNIT 6 : MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP ( RPKR )
SUBUNIT
1 : Analisis
Kurikulum Pendidikan SD 2004 dan Prosedur Dasar Pengembangan Instruksional
Tes
Formatif 1
1. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran pada dasarnya merupakan
........
A. Beban dan waktu belajar yang dipersyaratkan
B. Tuntutan belajar menurut murid
C. Tuntutan belajar menurut masyarakat
D. Beban dan waktu belajar minimal
Jawab : A. Beban dan waktu belajar
yang dipersyaratkan
2. Kurikulum merupakan pedoman bagi ....
A. Pengelola pendidikan
B. Para guru saja
C. Para guru dan murid
D. Guru, murid, dan pengelola
Jawab : D. Guru, murid, dan
pengelola
3. Pengembangan murid sebagai pribadi ....
A. Tidak memerlukan kemampuan dasar
B. Memerlukan kemampuan dasar
C. Cukup kemampuan minimal
D. Diserahkan kepada orang
tua
Jawab : C. Cukup kemampuan
minimal
4. Pelajaran matematika di Sekolah dasar menitik beratkan pada ....
A. Semua konsep matematika
B. Kemampuan penalaran
C. Berhitung
D. Keterampilan menghitung
Jawab : C. Berhitung
5. Pelajaran PPKN SD 2004 menerapkan pendekatan ....
A. Pengajaran tata negara Indonesia
B. Pendidikan Nilai Pancasila
C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
D. Pembinaan disiplin nasional
Jawab : C. Pemahaman konsep nilai
Pancasila
6. Salah satu ciri dari pembelajaran bahasa Indonesia menurut kurikulum
2004 adalah ....
A. Menitikberatkan pada keterampilan membaca
B. Menitikberatkan pada keterampilan menulis
C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
D. Berorientasi pada konsep kebahasaan
Jawab : C. Berorientasi pada
pokok bahasan/tema
7. Pelajaran IPS di Sekolah Dasar bertitik tolak dari ....
A. Lingkungan
B. Konsep
C. Kebiasaan Hidup
D. Masalah sehari-hari
Jawab : B. Konsep
8. Salah satu ciri pembelajaran IPS di Sekolah Dasar 2004 adalah ....
A. Berangkat dari konsep keilmuan sosial
B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
C. Merujuk pada keterampilan sosial
D. Berorientasi pada siklus kehidupan masyarakat
Jawab : B. Menerapkan pendekatan
lingkungan meluas
9.Pendekatan sistem dalam
penyusunan rencana pembelajaran bertolak dari dan merujuk kepada ....
A. Topik inti
B. Tujuan belajar
C. Buku pelajaran
D. Sistem Sosial
Jawab : B. Tujuan belajar
10.Salah satu sifat dari
pendekatan sistem dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran ialah
....
A. Integrasi antar komponen pembelajaran
B. Saling keterkaitan antar komponen pembelajaran
C. Peran penting dari penilaian
D. Titik sentral pada
proses belajar
Jawab : B. Saling keterkaitan
antar komponen pembelajaran
SUBUNIT
2 :
Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas
Rangkap
Tes
Formatif 2
1. Topik pembelajaran kelas rangkap harus diambil dari...
A. GBPP
B. Buku Pelajaran
C. Hasil Penataran
D. Masalah sehari-hari
Jawab : A. GBPP
2. Pemetaan topik menurut
arasnya berguna dalam menetapkan topik satu mata pelajaran yang dapat dibahas
secara...
A. Perseorangan
B. Kelompok dalam kelas tunggal
C. Rangkap kelas
D. Klasikal kelas tunggal
Jawab : B. Kelompok dalam kelas
tunggal
3. Pemetaan topik menurut gugus berguna dalam penetapan suatu topik PKR yang
mencakup...
A. Satu kelas
B. Satu mata pelajaran
C. Lebih dari satu mata pelajaran
D. Lebih dari satu kelas
Jawab : C. Lebih dari satu mata
pelajaran
4. Dalam merencanakan PKR tujuan belajar yang dirumuskan menurut...
A. Tingkatan kelas
B. Mata Pelajaran
C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
D. Mata pelajaran dan kegunaannya
Jawab : C. Tingkatan kelas dan
mata pelajaran
5. Rancangan kegiatan pembelajaran
dalam pembelajaran kelas rangkap berfungsi sebagai kerangka berpikir guru
dalam...
A. Menetapkan mata pelajaran yang akan diajarkan
B. Memilih kelas-kelas yang akan dirangkap
C. Mengatur waktu dan tempat belajar
D. Menata keseluruhan interaksi belajar mengajar
Jawab : D. Menata keseluruhan
interaksi belajar mengajar
6. Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS) menitikberatkan pada kegiatan
belajar murid yang...
A. Sepenuhnya diatur oleh murid
B. Diarahkan oleh guru
C. Sepenuhnya diatur oleh guru
D. Sewaktu-waktu dikontrol oleh guru
Jawab : A. Sepenuhnya diatur oleh
murid
7. Dalam merencanakan
pembelajaran kelas rangkap seharusnya memperhitungkan sumber belajar yang...
A. Sudah tersedia di sekolah
B. Dipunyai oleh semua murid
C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
D. Dipunyai oleh guru
Jawab : C. Tersedia di sekolah
dan sekitarnya
8. Dalam menetapkan media
belajar dalam pembelajaran kelas rangkap guru seharusnya mempertimbangkan
hal-hal sebagai berikut kecuali...
A. Jumlah murid yang dirangkap
B. Tujuan instruksional
C. Pengalaman guru dalam menggunakannya
D. Keadaan ruang belajar
Jawab : A. Jumlah murid yang
dirangkap
9. Di sekolah kecil yang berada di daerah terpencil sumber belajar...
A. Cukup menggunakan sumber
apa adanya
B. Dapat memanfaatkan siaran televisi
C. Harus memanfaatkan
lingkungan sekitar
D. Terserah pada kemauan
guru
Jawab : C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
10. Media belajar yang tepat guna adalah yang...
A. Menggunakan listrik
B. Sesuai dengan instruksi Depdikbud
C. Ada di tempat dan sesuai tujuan
D. Dibuat oleh ahli media
Jawab : C. Ada di tempat dan
sesuai tujuan
SUBUNIT
3 :
Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas
Rangkap
Tes Formatif 3
1. Terlaksana tidaknya
jadwal pembelajaran kelas rangkap harian perlu dilihat agar guru dapat ....
A. Melapor ke Kepala Sekolah
B. Melaksanakan PKR dengan baik
C. Memperbaiki jadwal berikutnya
D. Menyusun jadwal baru
Jawab : C. Memperbaiki jadwal
berikutnya
2. Terlaksana-tidaknya suatu proses pembelajaran perlu dikaji oleh guru
agar dapat melihat ....
A. Tercapai tidaknya tujuan
B. Terlaksana tidaknya rencana PKR
C. Berhasil tidaknya PKR
D. Puas tidaknya guru dan murid
Jawab : C. Berhasil tidaknya PKR
3. Mencatat materi pelajaran yang tidak bisa diajarkan sangat penting
untuk ....
A. Melihat siap tidaknya guru
B. Mencari sumber belajar berikutnya
C. Mengecek manfaat belajar
D. Mencari sebab-sebabnya
Jawab : D. Mencari sebab-sebabnya
4. Kegiatan yang tertunda harus dicatat oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Merancang pembelajaran berikutnya
B. Mengisi buku harian guru
C. Mengisi waktu senggang murid
D. Memilih kegiatan yang bisa dikerjakan
Jawab : A. Merancang pembelajaran
berikutnya
5.Tugas-tugas yang
diberikan kepada murid untuk hari atau minggu berikutnya perlu dicatat oleh
guru agar ....
A. Murid-murid merasa senang
B. Orang tua murid dapat membantu
C. Tidak lupa mengecek hasilnya
D. Guru terbiasa mencatat tugas murid
Jawab : C. Tidak lupa mengecek
hasilnya
6.Murid-murid yang belum
banyak melibatkan diri dalam kegiatan belajar perlu dicatat dan diperhatikan
oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Memilih tujuan yang dirumuskan
B. Menggunakan media
C. Mengatur pengelompokkan murid
D. Mengelola kelas
Jawab : D. Mengelola kelas
7. Menemukan dan mencatat
hal-hal yang perlu diperbaiki dalam PKR merupakan ciri bahwa guru PKR selalu
....
A. Berpikir negatif
B. Mengusahakan perbaikan
C. Menunggu perintah
D. Mengenang masa lalu
Jawab : B. Mengusahakan perbaikan
8. Hal-hal yang dirasakan
mengecewakan perlu dicatat oleh guru sebagai alat bagi guru dalam ....
A. Mencari penyebabnya
B. Mengoreksi diri sendiri
C. Menilai murid-muridnya
D. Menemukan akibatnya
Jawab : B. Mengoreksi diri
sendiri
9.Guru yang membicarakan
apa yang ditemuinya dalam melaksanakan PKR dengan guru lain memberi tanda bahwa
guru tersebut ....
A. Kurang mampu
B. Tidak percaya diri
C. Bersifat terbuka
D. Kurang kreatif
Jawab : C. Bersifat terbuka
10.Informasi yang diperoleh
dari pengalaman melaksanakan PKR dan digunakan oleh guru dalam memperbaiki
program PKR dinamakan ....
A. Masukan
B. Keluaran
C. Umpan balik
D. Arus balik
Jawab : C. Umpan balik