Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
| |

Kamis, 15 November 2012

PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS


UNIT 6  :  LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

SUBUNIT I:     IDENTIFIKASI

Latihan

1.Coba saudara rumuskan makna identifikasi, dalam rangka menentukan anak-anak berkebutuhan   khusus di sekolah saudara.
Jawab :
Makna identifikasi adalah usaha untuk mengenali atau menemukan anak berkebutuhan khusus sesuai dengan ciri-ciri yang ada. Dalam Kamus Kontemporer, (1985 : 921) dijelaskan bahwa yang dimaksud identifikasi adalah (1) pengenalan, (2) penyamaan, dan (3) tanda bukti pengenal.  Menemukenali anak-anak berkebutuhan khusus sudah barang tentu membutuhkan perhatian serius. Ada anak-anak yang dengan mudah dapat dikenali sebagai anak berkebutuhan khusus, tetapi ada juga yang membutuhkan pendekatan dan peralatan khusus untuk menentukan, bahwa anak tersebut tergolong anak-berkebutuhan khusus. Anak-anak yang mengalami kelainan fisisk misalnya, dapat dikenali dengan keberadaannya, sebaliknya untuk anak-anak yang mengalami kelainan dalam segi intelektual maupun emosional memerlukan instrument dan alasan yang rasional untuk dapat menentukan keberadaannya.

2.Buatlah lembar observarsi, yang akan digunakan untuk mengidentifikasi anak-anak berkebutuhan khusus.
Jawab :
Nama siswa            :
Kelas                     :
Aspek
Indikator
Gejala
Catatan
Nampak
Tidak Nampak
Penglihatan

- Sering mendekatkan mata saat membaca atau menulis
- Selalu mencari sumber suara
- Membutuhkan pertolongan saat mengambil sesuatu




Pendengaran
- Kesulitan mendengarkan penjelasan guru
 - Selalu mendekatkan telinga saat berkomunikasi
- Sering menggunakan isyarat saat berkomunikasi




Fisik

- Mengalami kesulitan dalam berjalan atau bergerak
- Motorik halusnya kurang saat menulis atau menggambar
- Kelainan dari sebagian anggota tubuh




Perhatian
- Tidak dapat memusatkan perhatian
   - Perhatianya berubah-ubah
- Menyibukkan diri sendiri saat pelajaran



Intelektual

- Tidak dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
- Jarang mengajukan pertanyaan
- Pekerjaan akademiknya tidak teratur




Perilaku
- Sering mengganggu teman
- Hiperaktif
- Sering membolos





3.Coba saudara jelaskan kelebihan dan kekurangan suatu tes buatan sendiri dalam mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus.
Jawab :
Kelebihan tes buatan sendiri yaitu :
- Bentuk dan rumusan tes dapat ditentukan sendiri oleh guru sesuai dengan tingkat ketunaan anak yang bersangkutan.
- Pertanyaan-pertanyaan yang dibuat guru dapat disederhanakan sesuai pandangan guru terhadap anak.
- Guru dapat memberikan rentang nilai tertentu untuk menginterpretasi anak berkebutuhan khusus.
- Tes dapat dibuat secara sistematis dan terstruktur oleh guru.
Kekurangan tes buatan sendiri yaitu :
- Bahasa yang digunakan guru belum tentu sesuai pemahaman anak.
- Rentang nilai yang diberikan guru tidak dapat dijamin keakuratannya.

4.Untuk menentukan seseorang anak mengalami kelainan mental atau berkebutuhan khusus, kategori tunagrahita, teknik apakah yang paling sesuai untuk mengidentifikasinya, jelaskan alasan saudara.
Jawab :
Teknik yang paling sesuai untuk mengidentifikasi seorang anak mengalami kelainan mental atau berkebutuhan khusus yaitu :
-         Teknik observasi.Merupakan teknik yang sesuai karena dilakukan dengan sistematis baik langsung maupun tidak langsung.Hasil yang didapatkan lengkap karena dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama baik data fisik maupun psikologis anak.
-         Teknik tes psikologi.Merupakan teknik yang juga sesuai karena lebih objektif dan validitasnya telah teruji untuk melihat aspek kecerdasan dan kepribadian seseorang.


Tes Formatif 1

Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1.Langkah awal yang yang harus dilakukan guru SD dalam memberikan layanan pada anak berkebutuhan khusus, adalah....
A. melakukan bimbingan
B. memberikan perlakukan khusus
C. melakukan identifikasi
D. melakukan tes kecerdasan
Jawab  :  C. melakukan identifikasi

2.Istilah identifikasi secara umum mengacu pada pengertian....
A. memberikan perhatian khusus
B. menemukenali anak berkebutuhan khusus
C. mendaftar anak-anak berkebutuhan khusus
D. menyeleksi anak berkebutuhan khusus
Jawab  :  B. menemukenali anak berkebutuhan khusus

3. Identifikasi anak berkebutuhan khusus yang dilakukan di SD, dilakukan berorientasi pada....
A. kemampuan anak
B. usia anak
C. prestasi belajarnya
D. karakteristiknya
Jawab  :  D. karakteristiknya

4.Melihat adanya keanehan perilaku seorang siswa dalam membaca, seorang guru SD menduga siswa tersebut termasuk berkebutuhan khusus, ini berarti guru telah melakukan....
A. observasi siswa
B. pemetaan kondisi siswa
C. diagnosis siswa
D. identifikasi siswa
Jawab  :  D. identifikasi siswa

5.Observasi merupakan salah satu teknik untuk melakukan identifikasi anak berkebutuhan khusus, secara....
A. langsung
B. tidak langsung
C. langsung dan tidak langsung
D. individu
Jawab  :  C. langsung dan tidak langsung

6.Sasaran observasi dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus di SD adalah....
A. karakterisik fisik dan mental
B. perbedaan perilaku anak
C. prestasi belajar anak
D. respon anak terhadap sesuatu
Jawab  :  D. respon anak terhadap sesuatu

7.Sebenarnya guru dapat melakukan tes terhadap siswa untuk memperoleh informasi , yang dapat dibuat atau dikembangkan sendiri berupa....
A. soal-soal yang harus dijawab siswa
B. pertanyaan-pertanyaan singkat
C. serangkaian tugas yang harus dikerjakan siswa
D. perintah-perintah terstruktur
Jawab  :  C. serangkaian tugas yang harus dikerjakan siswa

8.Salah satu kelebihan tes psikologi dibanding dengan tes lainnya dalam identifikasi adalah....
A. lebih mudah diperoleh
B. lebih obyektif dan valid
C. lebih mudah menganalisisnya
D. lebih menyenangkan
Jawab  :  B. lebih obyektif dan valid

9.Seorang guru dapat membuat format observasi, sesuai dengan informasi yang diperlukan, tentu saja tidak lupa menampilkan....
A. kondisi siswa
B. identitas siswa
C. kebutuhan belajar siswa
D. karakteristik siswa
Jawab  :   B. identitas siswa

10. Peran guru di sekolah dalam memberikan layanan bagi anak berkebutuhan khusus semakin besar, untuk itu diperlukan kemampuan dalam....
A. membimbing siswa-siswanya
B. mengenali kondisi dan karakteristik tiap siswa
C. menyusun rencana pembejajaran
D. mengevaluasi hasil belajar siswa
Jawab  :   B. mengenali kondisi dan karakteristik tiap siswa


SUBUNIT 2 :     ASESMEN

Latihan

1.Coba saudara jelaskan pengertian asesmen, dalam rangka menentukan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah saudara.
Jawab :
Asesmen adalah penilaian terhadap suatu keadaan, penilaian dalam konteks ini adalah evaluasi terhadap kondisi atau keadaan anak-anak berkebutuhan khusus, jadi bukan merupakan penilaian terhadap hasil suatu aktivitas atau kegiatan pembelajaran di sekolah. Walace, G & Larsen (1978:7) menegaskan pula, bahwa asesemen merupakan proses pengumpulan informasi pembelajaran yang relevan. Asesmen merupakan aktivitas yang amat penting dalam proses pembelajaran di sekolah, untuk itu pelaksanaannya harus benar-benar dilakukan secara obyektif dan komprehentif terhadap kondisi dan kebutuhan anak.
2.Buatlah contoh lembar checklist, yang akan digunakan untuk melakukan asesmen anak-anak berkebutuhan khusus.
Jawab :
Nama Siswa                                   :
Jenis ABK                                      :
Kelas                                             :

Kegiatan
Indikator
Yang Dinilai
Catatan
Akademik
Perilaku
Observasi
- cara belajar
- perilaku
- kinerja



Tes Formal
- Tertulis
- Lisan



Tes Informal
Aktivitas sosial



Wawancara
- Keluarga
- Teman




3.Buatlah suatu rancangan sederhana, mengenai proses pelaksanaan asesmen yang akan saudara lakukan untuk seorang siswa berkebutuhan khusus dalam bidang bahasa.
Jawab :
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL
Hari/Tgl/Bl/Th         : …………………………………………….
Nama Siswa           : …………………………………………….
Alamat                   : …………………………………………….
Nama Sekolah        : …………………………………………….
Kelas                     : .....................................................................
Bid Kesulitan          : ....................................................................
Guru                       : …………………………………………….

Perilaku yang di asesmen                :-
-
-
Aktivitas Evaluasi                            :-
-
-
Alat Evaluasi                                   :-
-
-
Pencatatan Kinerja Siswa               :-
-
-
Tujuan Asesmen                             :-
-
-
Langkah – Langkah
Observasi                                      :-
-
-
Tes formal                                      :-
-
-
Tes Informal                                   :-
-
-
Wawancara                                    :-
-




4.Buatlah suatu bentuk tes informal, yang akan saudara gunakan untuk memperoleh informasi mengenai kompetensi khusus dalam bidang matematika bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar kelas rendah
Jawab :
Bentuk Tes Informal
Nama                                                         : Mirnawati
Jenis Anak Berkebutuhan Khusus   : Gangguan pendengaran tingkat rendah
Kompetensi Yang Diharapkan                    : Mendengarkan bilangan yang di ucapkan
Bentuk Tes                                                 : Lisan
Rumusan Tes                                              :
Ø  Menanyakan suara yang diperdengarkan dan             menyebutkan jenis suara dan arah datangnya
Ø  Menanyakan banyaknya suara yang diperdengarkan
Ø  Menuliskan banyaknya yang diajukan serta bilangan yang terdapat dalam suara yang diperdengarkan
Penilaian                                                     :
Kesimpulan                                                :