UNIT
6 :
LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR
SUBUNIT I:
IDENTIFIKASI
Latihan
1.Coba saudara
rumuskan makna identifikasi, dalam rangka menentukan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah saudara.
Jawab :
Makna identifikasi adalah usaha
untuk mengenali atau menemukan anak berkebutuhan khusus sesuai dengan ciri-ciri
yang ada. Dalam Kamus Kontemporer, (1985 : 921) dijelaskan bahwa yang dimaksud
identifikasi adalah (1) pengenalan, (2) penyamaan, dan (3) tanda bukti
pengenal. Menemukenali anak-anak
berkebutuhan khusus sudah barang tentu membutuhkan perhatian serius. Ada
anak-anak yang dengan mudah dapat dikenali sebagai anak berkebutuhan khusus,
tetapi ada juga yang membutuhkan pendekatan dan peralatan khusus untuk
menentukan, bahwa anak tersebut tergolong anak-berkebutuhan khusus. Anak-anak
yang mengalami kelainan fisisk misalnya, dapat dikenali dengan keberadaannya,
sebaliknya untuk anak-anak yang mengalami kelainan dalam segi intelektual
maupun emosional memerlukan instrument dan alasan yang rasional untuk dapat
menentukan keberadaannya.
2.Buatlah
lembar observarsi, yang akan digunakan untuk mengidentifikasi anak-anak
berkebutuhan khusus.
Jawab :
Nama siswa :
Kelas :
Aspek
|
Indikator
|
Gejala
|
Catatan
|
|
Nampak
|
Tidak Nampak
|
|||
Penglihatan
|
- Sering mendekatkan
mata saat membaca atau menulis
- Selalu mencari
sumber suara
- Membutuhkan
pertolongan saat mengambil sesuatu
|
|
|
|
Pendengaran
|
-
Kesulitan mendengarkan penjelasan guru
- Selalu mendekatkan telinga saat
berkomunikasi
- Sering menggunakan isyarat saat berkomunikasi
|
|
|
|
Fisik
|
- Mengalami
kesulitan dalam berjalan atau bergerak
- Motorik halusnya
kurang saat menulis atau menggambar
- Kelainan dari
sebagian anggota tubuh
|
|
|
|
Perhatian
|
- Tidak dapat memusatkan perhatian
- Perhatianya berubah-ubah
- Menyibukkan diri sendiri saat pelajaran
|
|
|
|
Intelektual
|
- Tidak dapat
menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
- Jarang mengajukan
pertanyaan
- Pekerjaan
akademiknya tidak teratur
|
|
|
|
Perilaku
|
- Sering mengganggu
teman
- Hiperaktif
- Sering membolos
|
|
|
|
3.Coba saudara
jelaskan kelebihan dan kekurangan suatu tes buatan sendiri dalam mengidentifikasi
anak berkebutuhan khusus.
Jawab :
Kelebihan tes buatan sendiri yaitu :
- Bentuk dan
rumusan tes dapat ditentukan sendiri oleh guru sesuai dengan tingkat ketunaan
anak yang bersangkutan.
- Pertanyaan-pertanyaan
yang dibuat guru dapat disederhanakan sesuai pandangan guru terhadap anak.
- Guru dapat
memberikan rentang nilai tertentu untuk menginterpretasi anak berkebutuhan
khusus.
- Tes dapat
dibuat secara sistematis dan terstruktur oleh guru.
Kekurangan tes buatan sendiri yaitu :
- Bahasa yang digunakan guru belum tentu sesuai
pemahaman anak.
- Rentang nilai yang diberikan guru tidak dapat
dijamin keakuratannya.
4.Untuk
menentukan seseorang anak mengalami kelainan mental atau berkebutuhan khusus,
kategori tunagrahita, teknik apakah yang paling sesuai untuk
mengidentifikasinya, jelaskan alasan saudara.
Jawab :
Teknik yang paling sesuai untuk mengidentifikasi
seorang anak mengalami kelainan mental atau berkebutuhan khusus yaitu :
-
Teknik
observasi.Merupakan teknik yang sesuai karena dilakukan dengan sistematis baik
langsung maupun tidak langsung.Hasil yang didapatkan lengkap karena dilakukan
dalam jangka waktu yang cukup lama baik data fisik maupun psikologis anak.
-
Teknik tes
psikologi.Merupakan teknik yang juga sesuai karena lebih objektif dan
validitasnya telah teruji untuk melihat aspek kecerdasan dan kepribadian
seseorang.
Tes Formatif 1
Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling
tepat, pada setiap item berikut ini;
1.Langkah awal
yang yang harus dilakukan guru SD dalam memberikan layanan pada anak
berkebutuhan khusus, adalah....
A. melakukan bimbingan
B. memberikan perlakukan khusus
C. melakukan identifikasi
D. melakukan tes kecerdasan
Jawab : C.
melakukan identifikasi
2.Istilah
identifikasi secara umum mengacu pada pengertian....
A. memberikan perhatian khusus
B. menemukenali anak berkebutuhan khusus
C. mendaftar anak-anak berkebutuhan khusus
D. menyeleksi anak berkebutuhan khusus
Jawab : B.
menemukenali anak berkebutuhan khusus
3. Identifikasi
anak berkebutuhan khusus yang dilakukan di SD, dilakukan berorientasi pada....
A. kemampuan anak
B. usia anak
C. prestasi belajarnya
D. karakteristiknya
Jawab : D.
karakteristiknya
4.Melihat
adanya keanehan perilaku seorang siswa dalam membaca, seorang guru SD menduga
siswa tersebut termasuk berkebutuhan khusus, ini berarti guru telah
melakukan....
A. observasi siswa
B. pemetaan kondisi siswa
C. diagnosis siswa
D. identifikasi siswa
Jawab : D.
identifikasi siswa
5.Observasi
merupakan salah satu teknik untuk melakukan identifikasi anak berkebutuhan
khusus, secara....
A. langsung
B. tidak langsung
C. langsung dan tidak langsung
D. individu
Jawab : C.
langsung dan tidak langsung
6.Sasaran
observasi dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus di SD adalah....
A. karakterisik fisik dan mental
B. perbedaan perilaku anak
C. prestasi belajar anak
D. respon anak terhadap sesuatu
Jawab : D.
respon anak terhadap sesuatu
7.Sebenarnya
guru dapat melakukan tes terhadap siswa untuk memperoleh informasi , yang dapat
dibuat atau dikembangkan sendiri berupa....
A. soal-soal yang harus dijawab siswa
B. pertanyaan-pertanyaan singkat
C. serangkaian tugas yang harus dikerjakan siswa
D. perintah-perintah terstruktur
Jawab : C.
serangkaian tugas yang harus dikerjakan siswa
8.Salah satu
kelebihan tes psikologi dibanding dengan tes lainnya dalam identifikasi
adalah....
A. lebih mudah diperoleh
B. lebih obyektif dan valid
C. lebih mudah menganalisisnya
D. lebih menyenangkan
Jawab : B.
lebih obyektif dan valid
9.Seorang guru
dapat membuat format observasi, sesuai dengan informasi yang diperlukan, tentu
saja tidak lupa menampilkan....
A. kondisi siswa
B. identitas siswa
C. kebutuhan belajar siswa
D. karakteristik siswa
Jawab : B. identitas siswa
10. Peran guru
di sekolah dalam memberikan layanan bagi anak berkebutuhan khusus semakin
besar, untuk itu diperlukan kemampuan dalam....
A. membimbing siswa-siswanya
B. mengenali kondisi dan karakteristik tiap siswa
C. menyusun rencana pembejajaran
D. mengevaluasi hasil belajar siswa
Jawab : B. mengenali kondisi dan karakteristik tiap
siswa
SUBUNIT 2 :
ASESMEN
Latihan
1.Coba saudara
jelaskan pengertian asesmen, dalam rangka menentukan anak-anak berkebutuhan
khusus di sekolah saudara.
Jawab :
Asesmen adalah penilaian
terhadap suatu keadaan, penilaian dalam konteks ini adalah evaluasi terhadap
kondisi atau keadaan anak-anak berkebutuhan khusus, jadi bukan merupakan
penilaian terhadap hasil suatu aktivitas atau kegiatan pembelajaran di sekolah.
Walace, G & Larsen (1978:7) menegaskan pula, bahwa asesemen merupakan
proses pengumpulan informasi pembelajaran yang relevan. Asesmen merupakan
aktivitas yang amat penting dalam proses pembelajaran di sekolah, untuk itu
pelaksanaannya harus benar-benar dilakukan secara obyektif dan komprehentif
terhadap kondisi dan kebutuhan anak.
2.Buatlah
contoh lembar checklist, yang akan digunakan untuk melakukan asesmen anak-anak
berkebutuhan khusus.
Jawab :
Nama Siswa :
Jenis ABK :
Kelas :
Kegiatan
|
Indikator
|
Yang
Dinilai
|
Catatan
|
|
Akademik
|
Perilaku
|
|||
Observasi
|
- cara
belajar
- perilaku
- kinerja
|
|
|
|
Tes Formal
|
- Tertulis
- Lisan
|
|
|
|
Tes Informal
|
Aktivitas
sosial
|
|
|
|
Wawancara
|
- Keluarga
- Teman
|
|
|
|
3.Buatlah suatu
rancangan sederhana, mengenai proses pelaksanaan asesmen yang akan saudara
lakukan untuk seorang siswa berkebutuhan khusus dalam bidang bahasa.
Jawab :
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL
Hari/Tgl/Bl/Th :
…………………………………………….
Nama Siswa : …………………………………………….
Alamat :
…………………………………………….
Nama Sekolah :
…………………………………………….
Kelas :
.....................................................................
Bid Kesulitan :
....................................................................
Guru :
…………………………………………….
Perilaku yang di asesmen :-
-
-
Aktivitas Evaluasi :-
-
-
Alat Evaluasi :-
-
-
Pencatatan Kinerja Siswa :-
-
-
Tujuan Asesmen :-
-
-
Langkah – Langkah
Observasi :-
-
-
Tes formal :-
-
-
Tes Informal :-
-
-
Wawancara :-
-
4.Buatlah suatu bentuk tes
informal, yang akan saudara gunakan untuk memperoleh informasi mengenai
kompetensi khusus dalam bidang matematika bagi anak berkebutuhan khusus di
sekolah dasar kelas rendah
Jawab :
Bentuk Tes Informal
Nama :
Mirnawati
Jenis Anak Berkebutuhan Khusus :
Gangguan pendengaran tingkat rendah
Kompetensi Yang Diharapkan :
Mendengarkan bilangan yang di ucapkan
Bentuk Tes :
Lisan
Rumusan Tes :
Ø Menanyakan suara yang diperdengarkan dan menyebutkan jenis suara dan arah
datangnya
Ø Menanyakan banyaknya suara yang diperdengarkan
Ø Menuliskan banyaknya yang diajukan serta bilangan yang terdapat
dalam suara yang diperdengarkan
Penilaian :
Kesimpulan :