Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
| |

Selasa, 13 November 2012

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL


UNIT 3 :  KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BERBAGAI NEGARA

SUBUNIT I : KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BERBAGAI NEGARA

Latihan

1)       Kemukakan pendapat Anda mengenai karakteristik Pendidikan Multikultural di AS ?
Jawab :
Karakteristik Pendidikan Multikultural di AS menurut pendapat saya adalah pendidikan di AS didominasi oleh budaya dominan yaitu budaya WASP artinya dikhususkan untuk kelompok berkulit putih (White) yang kebanyakan berasal dari Inggris, atau yang berbahasa Inggris (Anglo Saxon) dan beragama Protestan.Namun Pendidikan Multikultural berkembang di dalam masyarakat multikultural Amerika yang bersifat antarbudaya etnis yang besar yaitu budaya antarbangsa. Ada upaya untuk mengubah Pendidikan Multikultural dari yang bersifat asimilasi (berupa penambahan materi multikultural) menuju ke arah yang lebih radikal berupa Aksi Sosial.

2)       Jelaskan perbedaan antara pandangan neoliberalisme dan neokonservatisme dalam memandang Pendidikan Multikultural di Inggris?
Jawab :
Perbedaan antara pandangan neoliberalisme dan neokonservatisme dalam memandang Pendidikan Multikultural di Inggris yaitu pandangan neoliberalisme percaya pada kekuatan pasar dan memberi kekuasaan yang lebih besar pada masing-masing sekolah dan pemerintah lokal untuk mengurus dirinya sendiri, sedangkan paham konservatisme lebih memberi kekuasaan yang besar pada kontrol pusat yang berdampak dipertahankannya kurikulum yang terpusat dan pendidikan agama yang kristiani.

3)       Jelaskan perbedaan kebijakan politik antara Kanada dengan Amerika dalam menerapkan Pendidikan Multikultural ?
Jawab :
Perbedaan kebijakan politik antara Kanada dengan Amerika dalam menerapkan Pendidikan Multikultural yaitu tujuan Pendidikan Multikultural AS lebih condong pada proses Amerikanisasi. Pendidikan Multikultural AS berkembang di dalam masyarakat budaya antarbangsa. Ada upaya untuk mengubah Pendidikan Multikultural dari yang bersifat asimilasi (berupa penambahan materi multikultural) menuju ke arah yang lebih radikal berupa Aksi Sosial, walaupun masih mendapat tentangan yang kuat dari kelompok yang dominan yaitu WASP yang menguasai sektor ekonomi, sosial dan politik. Berbeda dengan AS yang menerapkan politik asimilasi, Pemerintah Liberal Kanada menerapkan politik multikulturalisme yang memberlakukan status yang sama untuk bahasa Perancis dan Inggris sebagai bahasa resmi. Kanada merupakan negara pertama yang memberikan pengakuan legal terhadap multikulturalisme.
4)       Apa yang menjadi kebijakan pemerintah Australia dalam menerapkan Pendidikan Multikultural?
Jawab :
Yang menjadi kebijakan pemerintah Australia dalam menerapkan Pendidikan Multikultural adalah Australia mengubah kebijakannya dari White Australia Policy ke multicultural policy. Pendidikan Multikultural Australia mempunyai wajah yang spesifik.Kebijakan imigrasi dan masalah etnis dipecahkan secara konsensus dari seluruh masyarakat.Ada pakar yang berpendapat bahwa Australia merupakan masyarakat yang polietnik bukan multi kultur dalam arti Australia lebih bercorak Anglo Saxon yang menerima kebhinekaan selama tidak mengganggu atau mengubah gaya hidup masyarakat Anglo Saxon tersebut.


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Yang dipandang memajukan Amerika karena pengetahuan dan ketrampilan adalah kelompok :
a. Native Americans.
b. Hispanic American
c. White Anglo Saxon Protestan.
d. Asian Americans.
Jawab : c. White Anglo Saxon Protestan.
2) Negara yang awal berdirinya bersifat monokultur adalah:
a. Inggris
b. Amerika
c. Kanada
d. Australia
Jawab : a. Inggris
3) Pendidikan multikultural di Inggris terjadi karena dorongan dari :
a. kelompok liberal bersama dengan kelompok kulit berwarna.
b. kelompok konservatif
c. kelompok imigran yang menduduki kekuasaan
d. kelompok neokonservatif
Jawab : a. kelompok liberal bersama dengan kelompok kulit berwarna.
4) Pendidikan Multikultural di Kanada lebih dicirikan dengan :
a. komposisi penduduk
b. adanya kelompok yang dominan
c. rendahnya pendapatan ekonomi imigran
d. adanya kurikulum yang terpusat.
Jawab : a. komposisi penduduk
5) Pendidikan Multikultural di Kanada bertujuan untuk:
a. memelihara nilai-nilai budaya dan identitas kelompok dari kepunahan.
b. Adaptasi melalui komunikasi cross-cultural dan memperkuat keadilan sosial.
c. Mempertegas kesamaan dari kelompok yang bermacam-macam.
d. Membantu anak menguasai bahasa resmi dan norma dominan.
Jawab : b. Adaptasi melalui komunikasi cross-cultural dan memperkuat keadilan sosial.
6) Negara yang merupakan negara pertama yang memberikan pengakuan legal terhadap multikulturalisme:
a. Amerika Serikat
b. Kanada
c. Inggris
d. Australia
Jawab : b. Kanada
7) Imigran pertama Australia adalah:
a. Kedatangan bangsa Afrika.
b. Narapidana dan pembangkang politik Irlandia
c. Bangsa Jerman yang terusir karena masalah agama.
d. Kedatangan pekerja kasar dari India dan Cina
Jawab : b. Narapidana dan pembangkang politik Irlandia
8) Adanya bantuan dana dan masuknya Asian Studies Program yang berisi bahasa Asia dan kebudayaannya, termasuk pencantuman pelajaran Bahasa Indonesia di dalam kurikulum sekolah dasar, merupakan ciri dari fase :
a.Pertama politik pasif ke arah asimilasi aktif (1945-1972), kurikulum terpusat dan pendidikan untuk kaum imigran bersifat pasif.
b.Kedua, dari pendidikan imigran ke Pendidikan Multikultural (1972-1986). Semua propinsi di Australia telah mengadopsi kebijakan Pendidikan Multikultural.
c.Ketiga, imperatif ekonomi dalam Pendidikan Multikultural (1986-1993).
Jawab : c.Ketiga, imperatif ekonomi dalam Pendidikan Multikultural (1986-1993).
9) Pada tahun 1988 diundangkan Education Reform Act (ERA) yang mengandung dua arti, yaitu paham neoliberalisme yang percaya pada kekuatan pasar, dan neokonservatisme yang memberi kekuatan besar pada kontrol pusat. Ciri paham neoliberalisme adalah :
a.memberi kekuasaan yang lebih besar pada masing-masing sekolah untuk mengurus dirinya sendiri demikian juga kepada pemerintah lokal.
b.mempertahankan kurikulum yang terpusat dan mempertahankan pendidikan agama yang bersifat Kristiani.
c.Memberi kekuatan yang besar pada kontrol pusat.
d.memperkecil kesempatan bagi kelompok kulit berwarna untuk mendapat pendidikan yang layak.
Jawab : a.memberi kekuasaan yang lebih besar pada masing-masing sekolah untuk mengurus dirinya sendiri demikian juga kepada pemerintah lokal.
10) Negara di Asia yang telah mengadopsi kebijakan asimilasi melalui kebijakan “Bumiputera policy” adalah
a.Jepang
b.Indonesia
c.Malaysia
d.Korea
Jawab : c.Malaysia



SUBUNIT 2  :  KARAKTERISTIK INDONESIA SEBAGAI MASYARAKAT MULTIKULTUR

Latihan

1)       Berikan contoh budaya lokal yang telah menjadi budaya nasional?
Jawab :
Contoh budaya lokal yang telah menjadi budaya nasional yaitu :batik dan keris

2)       Kemukakan 7 konsep budaya Cina ?
Jawab :
Konsep-konsep budaya Cina yaitu :
1.Chi ( napas kosmis )
2.Lima unsur : logam,air,kayu,api,dan tanah
3.I-Ching
4.Tahun kelahiran
5.Yin-yang ( konsep keselarasan dan keseimbangan )
6.Pa kua
7.Tahayul dan Simbolisme

3)       Kemukakan 6 konsep budaya Jawa ?
Jawab :
Konsep-konsep  budaya Jawa yaitu :
1.Religi Jawa : animisme,dinamisme,sinkretisme dan agama Jawa
2.Slametan ( Selamatan )
3.Primbon,suluk,dan wirid
4.Tata krama
5.Petung ( perhitungan )
6.Nama dan jenis makanan
7.Falsafah hidup

4)       Kemukakan 3 konsep budaya Bali
Jawab :
Konsep-konsep budaya Bali yaitu :
1.        Dharma artinya kebenaran (kebajikan) atau kewajiban dan hukum. Yaitu suatu jalan yang halus dan sejuk yang dapat melindungi dan menjaga orang yang mengikuti dan menjauhkan bencana sehingga menjadi orang yang gembira, tenteram dan bahagia.
2.Tri hita karana : konsep keselarasan hubungan yang mendatangkan kebahagiaan. Keselarasan  hubungan tersebut meliputi :
a.        keselarasan hubungan manusia dengan Tuhan
b.       keselarasan hubungan manusia dengan sesama manusia
c.        keselarasan hubungan manusia dengan alam sekitarnya
3.Rwa Bhineda : Konsep dualistis yang mengekspresikan dua kategori yang berlawanan dalam hidup (positif dan negatif, baik dan buruk).



Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Yang bukan termasuk dalam konsep budaya Cina adalah
a. nilai kemakmuran dan kelimpahan harta,
b.kedamaian dan ketenteraman,
c. kesehatan dan umur panjang.
d.mati masuk surga
Jawab : d.mati masuk surga
2) Seni hidup dalam keharmonisan dengan alam sehingga seseorang mendapatkan paling banyak keuntungan, ketenangan, dan kemakmuran dari keseimbangan yang sempurna dengan alam disebut
a. Feng Shui
b. Yang Yun Sang
c.Yin Yang
d.Pa kua
Jawab : a. Feng Shui
3) Dalam budaya Cina dapat dikumpulkan sehingga diyakini dapat memberi pengaruh baik pada nasib seseorang. Chi adalah :
a.energi, daya hidup yang membantu keberadaan manusia.
b. Perhitungan letak rumah
c. Konsep Lima unsur
d. Keseimbangan positif dan negatif
Jawab : a.energi, daya hidup yang membantu keberadaan manusia.
4) Konsep keselarasan dan keseimbangan yang didasarkan prinsip dualisme (prinsip negatif dan positif). Prinsip ini disebut dengan :
a. Chi
b.Yin dan yang
c. Pakua
d. I Ching
Jawab : b.Yin dan yang

5) Dalam sistem religi budaya Jawa, ada penyatuan ajaran antara animisme, dinamisme yang berbaur dengan agama Hindu, Budha, Kristen dan Islam. Percampuran ini disebut dengan
a.Sinkretisme
b.Primbon
c. Suluk
d. Petung
Jawab : a.Sinkretisme
6) Adab sopan santun Jawa dalam berbahasa, bersikap dan bertingkah laku yang sangat dijunjung tinggi dan menjadi ciri budaya Jawa disebut
a.Primbon
b.Tata krama
c.Petung
d.Animisme
Jawab : b.Tata krama
7) Konsep budaya Bali tentang dualitas yang sama dengan konsep yin yang dari budaya Cina adalah :
a. Karmaphala
b. Rwa bhineda
c. Ngaben
d. Tri hita karana
Jawab : b. Rwa bhineda
8) Suatu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang akan kembali mengenai dirinya sendiri. Ada hukum sebab akibat. Hukum kausalitas ini dalam budaya Bali disebut :
a. Karmaphala
b. Rwa bhineda
c. Ngaben
d. Tri hita karana
Jawab : a. Karmaphala
9) Tari Kancet Pepatay dari suku Dayak Kenyah memiliki nilai-nilai :
a.Kepahlawan, kelincahan, kegesitan, dan semangat.
b.Kesetiaan
c.Emansipasi wanita
d.Spriritual.
Jawab : a.Kepahlawan, kelincahan, kegesitan, dan semangat.
 10) Seorang pria Jawa tradisional harus tangguh dan mampu melindungi diri, keluarga dan membela bangsa dan negara harus memiliki suatu benda yang menjadi simbol kehormatan, kedewasaan, keperkasaan dan nilai spiritual. Benda ini disebut:
a. Turangga.
b. Wanita
c. Keris
d. Kukila.
Jawab : c. Keris



SUBUNIT 3  : WAWASAN MULTIKULTURAL : LOKAL,NASIONAL, DAN  UNIVERSAL

Latihan

1.        Apakah yang dimaksud dengan identitas budaya lokal?
Jawab :
Yang dimaksud dengan identitas budaya lokal adalah identifikasi budaya lokal merupakan identifikasi budaya yang bersifat langsung, dekat dan secara fisik ada di sekelilingnya. Budaya ini biasanya dikenalkan oleh keluarga dan kerabat dekat. Biasanya berwujud perilaku pembudayaan.
2.        Apa yang dimaksud dengan budaya Carok ?
Jawab :
Yang dimaksud dengan budaya Carok yaitu Kata carok sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti 'bertarung dengan kehormatan'. Carok merupakan tradisi bertarung satu lawan satu atau secara bekelompok dengan menggunakan senjata Celurit. Tidak ada peraturan resmi dalam pertarungan ini karena carok merupakan tindakan yang dianggap negatif dan kriminal serta melanggar hukum. Ini merupakan cara suku Madura dalam mempertahankan harga diri dan "keluar" dari masalah yang pelik. Banyak yang menganggap carok adalah tindakan keji dan bertentangan dengan ajaran agama meski suku Madura sendiri kental dengan agama Islam pada umumnya tetapi, secara individual banyak yang masih memegang tradisi Carok. Carok adalah simbol tindakan mempertahankan dan mengangkat harga diri yang diremehkan orang lain dengan jalan berkelahi satu lawan satu atau berkelompok dengan menggunakan senjata tradisional Clurit. Celurit adalah sebentuk sabit (arit, arek) yang memiliki bentuk khas. Secara kultural mereka akan menjaga harga diri dengan mempertaruhkan nyawa bila menyangkut masalah : wanita (misalnya istrinya diganggu orang), harta, agama, tanah atau pengairan sawah.
3.        Berikan dua contoh budaya yang termasuk dalam identitas budaya nasional?
Jawab :
Dua contoh budaya yang termasuk dalam identitas budaya nasional yaitu : batik dan keris
4.        Berikan dua contoh budaya yang termasuk dalam identitas budaya universal ?
Jawab :
Contoh budaya universal adalah permainan sepak bola. Tidak ada satu negara (warga) pun yang tidak mengenal sepak bola. Seluruh dunia mengenal sepak bola dan ingin tampil dalam kejuaraan dunia sepak bola.Contoh berikutnya adalah Ka’bah sebagai simbol pemujaan yang juga merupakan identitas budaya universal yang diakui seluruh dunia, terutama umat Islam. Ka’bah merupakan salah satu simbol penghambaan manusia di hadapan Tuhan yang diakui di seluruh dunia baik dia itu suka atau tidak suka, percaya atau tidak percaya, pengikut atau bukan. Bagi umat Islam, Ka’bah adalah kiblat di mana dia harus menghadap ketika sedang melakukan sholat. Hal itu berarti umat Islam seluruh dunia mengetahui dan menghadapkan wajahnya saat beribadah.



Tes Formatif 3
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1. Gaya adaptasi Aborigin dengan tanah adalah :
a. Tanah merupakan sumber ekonomi
b. Tanah adalah status sosial dan kekuatan.
c. Tanah dapat dimiliki dan dijual
d. Tanah bermakna spiritual yang tidak bisa dimiliki.
Jawab :  d. Tanah bermakna spiritual yang tidak bisa dimiliki.
2. Identifikasi budaya yang bersifat langsung, dekat dan secara fisik ada di sekelilingnya dan biasanya dikenalkan oleh keluarga dan kerabat dekat disebut:
a. Identifikasi budaya lokal
b. Identifikasi budaya nasional
c. Identifikasi budaya universal
d. Identifikasi budaya etnis
Jawab :  a. Identifikasi budaya lokal
3. Di Madura ada kebiasaan dan tradisi bertarung satu lawan satu atau secara berkelompok dengan menggunakan senjata Celurit demi mempertahankan harga diri. Tradisi ini disebut :
a. Carok
b. Clurit
c. Sekaten
d. Kamadhatu
Jawab :  a. Carok
4. Identitas budaya yang menjadi yang menjadi ciri khas bangsa dan negara itu sehingga negara lain mengenal negara itu dengan mengenal identitas budaya itu disebut:
a.Identifikasi budaya lokal
b.Identifikasi budaya nasional
c.Identifikasi budaya universal
d.Identifikasi budaya etnis
Jawab :  b.Identifikasi budaya nasional
5.     Contoh identitas budaya nasional antara lain adalah :                                                                                                                                                                                                                                      
a. Bakso Malang
b. Rawon
c. Borobudur
d. Sepakbola
Jawab :  c. Borobudur
6. Contoh identitas budaya universal antara lain adalah :
a. Bakso Malang
b. Rawon Jawa Timur
c. Borobudur
d. Sepakbola
Jawab :  d. Sepakbola
7. Simbol pemujaan yang juga merupakan identitas budaya universal yang diakui seluruh dunia, terutama umat Islam adalah :
a. Sajadah
b. Ka’bah
c. Makam Nabi Muhammad
d. Masjidil Haram
Jawab :  b. Ka’bah
8. Oliver dan Howley mengemukakan pendapatnya bahwa kebudayaan menentukan:
a. bagaimana orang memperoleh pengetahuan dan
mengkonstruksi maknanya.
b. bagaimana orang bersikap
c. bagaimana orang berperilaku
d. bagaimana dia menciptakan lingkungan budayanya
Jawab :  a. bagaimana orang memperoleh pengetahuan dan
 mengkonstruksi maknanya.
9. Yang tidak termasuk dalam lingkungan yang langsung, dekat dan secara fisik ada di sekitar anak adalah :
a. lingkungan fisik,
b. lingkungan sosial
c. lingkungan metafisik
d. lingkungan sekolah
Jawab :  d. lingkungan sekolah
 10.Contoh lingkungan metafisik yang mempengaruhi sikap dan perilaku orang yang mengikat diri dengan nilai dan tradisi budaya tertentu adalah :
a. Rumah Palimasan
b. Sekaten
c. Borobudur
d.Carok
Jawab :  b. Sekaten