Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
| |

Rabu, 30 Januari 2013

Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua?


Tak terasa sudah satu semester setelah pertamakalinya pendataan sekolah diperkenalkan pada kami.  Saya ingat sekali, ketika diundang sosialisasi pendataan ini, kebetulan sekolah kami hampir terlupakan tidak diundang padahal tempat sosialisasi berdekatan. Sayapun datang terlambat untuk mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari Tim Sosialisasi dari Dinas Pendidikan Lampung Timur. Namun saya berfikir, ah..ini kan hanya aplikasi nanti saya pelajari sendiri juga bisa sendiri.
Ternyata berkecimpung dengan aplikasi pendataan, lama-lama asyik juga. Kenapa? Karena ternyata dengan kita mengisi data, seolah-olah bisa menentukan nasib kepala sekolah, nasib siswa, nasib guru, dan nasib sekolah..bagaimana tidak.. dengan hanya mengentri data, kemudian meng-uploadnya, membuat guru-guru (terutama yg sudah bersertifikat) kelimpungan. Ada yang protes, kenapa data saya gak valid, kenapa dengan masa kerja saya..dan sebagainya.
Tapi dengan segenap pikiran, saya berusaha untuk menyelesaikan pendataan ini. Apalagi ini saya jadikan semacam hiburan, karena dengan kesibukan saya bekerja, masih sempat menulis di blog ini, dan saling bertukarpikiran dengan rekan seprofesi se-Indonesia.
Nah..memasuki semester genap, perlu kiranya mempersiapkan data lagi. Mungkin ada data-data yang perlu diperbaiki, dilengkapi, perubahan data, dll. Disini sayahanya sekedar share tentang  bagaimana mengisi data pada aplikasi pendataan dikdas untuk semester genap.
Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti dalam mengisi data di semester dua ini. Kita hanya cukup mengganti pilihan semester dua pada saat login di aplikasi.  Setelah berhasil masuk, kemudian kita dapat melihat data-data yang sudah terisi sebelumnya dan data-data yang belum ada dan perlu diisi kembali. Ketika melihat data, seolah-olah data tidak ada bedanya dengan data semester satu, hampir sama, karena data sebagian besar sudah terisi. Namun jangan senang dulu, karena sebenarnya data memang perlu diupdate. Terutama data PTK dan data rombongan belajar.
Untuk Data sekolah : profil, sarana, prasarana, blocgrant, yayasan masih tetap sama, kecuali pada data Rombongan Belajar yang kembali kosong. Pada menu kolom Rombel inilah kita harus mengisi ulang data peserta didik, PTK mengajar, peserta didik keluar pada rombel-rombel tersebut.
Jika pada saat pengisian data PTK mengajar pada kolom rombel dengan cara mendrag, ternyata data 
tidak dapat didrag padahal data sudah tersedia .

maka ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan yaitu ...
-    Melakukan export dan import data PTK pada tabel utama PTK
-  Pada rincian PTK, Riwayat Terdaftar utk kolom sekolah harus diisi secara online (diisi sesuai 
   database sekolah pada aplikasi), seperti dibawah ini

-  Tekan tomblo refresh yang ada pada tab PTK
-  Jika cara tersebut masih gagal, hapus data tersebut kemudian input ulang
Gunakan salah satu cara yang dianggap mudah, dan lalu coba isi lagi data rombel.
Memang belum ada perintah atau pemberitahuan untuk update data untuk semester 2, namun tidak ada salahnya kan..kalau kita bersiap-siap, siapa tahu sewaktu-waktu diminta untuk mengirim data. Ok..selamat bekerja para operator dapodik.

Update !!
Info terakhir dari admin pusat (pendataandikdas@gmail.com); bahwa untukUpdate Data Semester II akan menggunakan Aplikasi Baru, kepada para operator dapodik untuk menunggu info selanjutnya 



Sumber : rodajaman blogspot.com