Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
| |

Kamis, 15 November 2012

PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS



 UNIT 4  :  KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

SUBUNIT I  : ANAK-ANAK BERKELAINAN FISIK

Latihan


1.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan keadaan anak gangguan penglihatan atau  tunanetra.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan keadaan anak gangguan penglihatan atau  tunanetra yaitu sebagai berikut :
Yudi seorang anak usia 6 tahun, dia akan masuk sekolah dasar. Kesan lahiriah tampak Yudi adalah anak yang ceria dan penuh semangat,akan tetapi dalam aktivitas motorik sehari-hari tampak terkesan lamban pada kegiatan yang bersifat visual seperti mewarnai, menggambar, dan menyebutkan nama-nama dalam gambar.Yudi dibawa oleh orang tuanya ke dokter dan dinyatakan memiliki tingkat ketajaman (visus sentralis) 20/200, maka dia dinyatakan sebagai anak tunanetra dan harus masuk di sekolah khusus tunanetra seperti SLB.

2.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu yaitu sebagai berikut :
Nina adalah seorang anak yang menderita gangguan pendengaran sejak lahir, awalnya orangtuanya tidak menduga jika Nina tunarungu. Mula-mula Nina dianggapnya anak yang baik jarang menangis dan pendiam, tetapi lama-kelamaan setelah usia Dadi hampir 2 tahun belum dapat bicara seperti pada anak umumnya serta tidak pernah merespon suara yang ada disekelilingnya, pada saat itulah orang tuanya curiga terhadap perkembangan, dan kondisi Nani yang sering seperti orang terkejut jika bertemu dengan orang lain yang datang dari belakang atau yang muncul tiba-tiba. Maka Nani dibawa konsultasi ke dokter ahli THT dan setelah menjani pemeriksaan pendengaran dinyatakan jika ia menderita disfungsi organ pendengaran.

3.Buatlah ilustrasi tentang keadaan salah satu jenis kelainan fisik.
Jawab :
Ilustrasi tentang keadaan salah satu jenis kelainan fisik yaitu sebagai berikut :
Dini seorang anak cerebral palsy, sejak kecil dia mengalami kelumpuhan atau kelayuhan pada anggota gerak sebelah kanan yaitu tangan dan kaki kanannya yang disertai gangguan pada otot motorik wicara. Dini jika berjalan terlihat sempoyongan, dan bila bicara sulit untuk dimengerti orang lain. Pada awalnya oleh lingkungan dia dianggap sebagai anak yang tidak normal mentalnya. Tetapi lama-kelamaan lingkungan menyadari bahwa dia memahami dan mengerti apa yang di bicarakan orang lain, tetapi sangat sulit untuk ekspresi responnya secara verbal maupun motorik lainnya. Setelah dia bersekolah di sekolah khusus atau SLB untuk anak-anak tunadaksa, dia dapat mengekspresikan maksudnya dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan dan sedikit dapat dimengerti orang lain.

Tes Formatif 1
Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1. Tunanetra sering menggerak-gerakan anggota tubuhnya, kebiasaan ini disebut ....
A. verbalism
B. Blindism
C. iritable
D. tempertantrum
Jawab  :  B. Blindism

2.Tunanetra memiliki kemampuan akademik ....
A. Di atas rerata normal
B. Mengalami keterbelakangan mental
C. Tidak berbeda dengan anak normal
D. Selalu di bawah normal
Jawab  :  C. Tidak berbeda dengan anak normal

3.Dalam bersosialisasi tunanetra menunjukkan ....
A. Kemandirian
B. Lebih bergantung dengan orang lain
C. Merasa rendah diri
D. semuanya benar
Jawab  :  B. Lebih bergantung dengan orang lain

4.Kemampuan akademis anak-anak tunarungu menunjukkan ....
A. Lebih rendah dari anak normal
B. Memiliki kemampuan di atas rerata normal
C. Tidak berbeda dengan anak normal
D. Disertai keterbelakangan mental
Jawab  :  C. Tidak berbeda dengan anak normal

5. Dalam pergaulan atau bersosialisasi tunarungu sering menunjukkan sikap ....
A. Curiga
B. Minder
C. Mudah marah
D. Agresif
Jawab  :  A. Curiga

6. Hilangnya indera pendengaran secara mekanis akan mengakibatkan anak tunarungu dalam menghadapi sesuatu menunjukkan sikap ....
A. Mudah terkejut
B. Selalu terikat oleh waktu
C. Lamban bereaksi
D. Tidak peduli
Jawab  :  A. Mudah terkejut

7.Hilangnya pendengaran mengakibatkan anak tunarungu tidak pernah menerima bunyi bahasa sehingga tunarungu selalu berkaitan dengan ....
A. Gangguan emosi
B. Kemampuan akademik
C. Gangguan wicara
D. Gangguan motorik
Jawab  :  C. Gangguan wicara

8.Gangguan atau kelainan neuro-muscular terjadi pada anak tunadaksa jenis ....
A. Polio
B. Cerebral palsy
C. Amputasi
D. Terbelakang mental
Jawab  :  B. Cerebral palsy

9. Tunadaksa yang sering disertai dengan keterbelakangan mental adalah ....
A. Cerebral palsy
B. Tunadaksa ringan
C. Polio
D. Amputasi
Jawab  :  A. Cerebral palsy

 10. Karakteristik emosi-sosial tunadaksa menunjukkan ....
A. Mudah tersinggung
B. Mudah curiga
C. Minder (kurang percya diri)
D. Mudah marah
Jawab  :  C. Minder (kurang percya diri)







SUBUNIT 2  : ANAK BERKELAINAN MENTAL EMOSIONAL

Latihan

1.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak tunagrahita ringan atau mampu didik.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak tunagrahita ringan atau mampu didik yaitu sebagai berikut :
Iwan adalah anak usia 11 tahun dan sudah duduk di bangku kelas 6 SD.Selama mengikuti kegiatan pembelajaran,Iwan terbilang lamban di sekolahnya dalam hal prestasi akademik.Iwan hanya mampu membaca,menulis,dan berhitung dengan susah payah.Selain itu Iwan hanya mampu melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak pemikiran.Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka Iwan dapat digolongkan sebagai anak tunagrahita ringan yang mampu didik.

2.Jelaskan pengalaman di lingkungan saudara, tentang keberadaan anak tunagrahita.
Jawab :
Keberadaan anak tunagrahita di lingkungan saya sangat jarang di jumpai namun bukan berarti tidak ada.Terdapat 2 orang anak tunagrahita yaitu tunagrahita ringan(mampu didik) dan anak tunagrahita mampulatih.Anak tunagrahita ringan saat ini telah berumur 17 tahun dan sudah mampu bekerja sebagai kuli bangunan saja.Anak tunagrahita mampulatih saat ini telah berumur 11 tahun dan dapat mengurus dirinya sendiri tetapi jauh dari kemampuan anak-anak normal di sekitarnya serta membutuhkan pengawasan dari orang tuanya.

3.Buatlah ilustrasi tentang karakteristik perilaku anak tunalaras.
Jawab :
Sebuah ilustrasi tentang karakteristik perilaku anak tunalaras yaitu sebagai berikut :
Desti adalah seorang anak laki-laki yang sudah duduk di kelas 6 SD.Dalam kehidupan sosialnya sehari-hari di sekolah,Desti sering dilaporkan oleh teman-teman kepada wali kelas maupun kepala sekolah karena sering memukul teman-teman perempuan di kelas meskipun hanya masalah sepele.Namun ketika diadili oleh wali kelas terlebih lagi oleh kepala sekolah dia sering ketakutan bahkan sampai menangis.Dalam menerima pelajaran dia sering mengantuk dan merasa bosan akan pelajaran yang diterima dari guru.Sehingga Desti sering bolos sekolah dan pergi bergaul dengan anak-anak kelompok anak-anak nakal.Di rumah,Desti seakan merasa tidak nyaman sehingga lebih banyak menghabiskan waktunya bersama teman-temannya di luar rumah.Karakteristik Desti yang demikian menempatkan Desti sebagai salah satu anak tunalaras.


Tes Formatif 2

Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1. Anak tunagrhita ringan memiliki kapasitas inteligensi (IQ) ....
A.>70
B. <90
C.>70
D. Antara 50 – 70   
Jawab  :  D. Antara 50 – 70   

2. Istilah lain dari tunagrahita adalah, kecuali ....
A. Slow learners
B. Terbelakang mental
C. Tunamental
D. Moron
Jawab  :  A. Slow learners

3. Anak mampulatih memiliki kapasitas inteligensi (IQ) ....
A. 50 -70
B. 70 – 90
C. 30 – 50
D. Kurang dari 30
Jawab  :  C. 30 – 50

4. Ada seorang anak diketahui tunagrahita, yang memiliki ciri mata sipit, bibir tebal, sulit bicara, tubuh pendek kelit agak kasar, anak ini dikenal dengan tipe klinis ....
A. Hidro cephalus
B. Micro cephalus
C. Down’s syndrome
D. Debil
Jawab  :  C. Down’s syndrome

5. Anak tunagrahita yang sudah tidak mampu dididik dan dilatih dikenal dengan istilah ....
A.Debil
B. Imbesil
C.Moron
D. Idiot
Jawab  :  D. Idiot


6. Anak tunalaras yang berperilaku menyerang dan merusak dikenal dengan:
A. Hiperaktive
B. Agresive
C. Tempertantrum
D. Hipoaktive
Jawab  :  B. Agresive

7. Anak tunalaras sering ditemukan tidak naik kelas, hal ini dikarenakan ....
A. Kapasitas intektualnya rendah
B. Terbelakang mental
C. Adanya gangguan perilaku
D. memiliki IQ di bawah normal
Jawab  :  C. Adanya gangguan perilaku
8. Perilaku tunalaras yang sering melanggar norma atau tidak dapat menyesuaiakan diri dengan lingkungan dikenal dengan ....
A. Kriminal
B. Maladjusted
C. Agrsive
D. Distruktive
Jawab  :  B. Maladjusted

9. Tunalaras memiliki karakteristik suka ketakutan tanpa alasan, ini merupakan manifestasi dari adanya ....
A. Kecemasan
B. Gangguan jiwa
C. Hiperaktive
D. Distruktive
Jawab  :  A. Kecemasan

10.Tunalaras yang menunjukkan prestasi belajar rendah karena gangguan perhatian disebut dengan istilah ....
A.Debil
B. Anxietas
C. Distruktive
D. Atention deficit disorders (ADD)
Jawab  :  D. Atention deficit disorders (ADD)


SUBUNIT 3  : ANAK BERKELAINAN AKADEMIK

Latihan

1.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik anak berbakat intelektual.
Jawab  :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik anak berbakat intelektual yaitu sebagai berikut :
Hary adalah seorang anak kelas 5 SD dan termasuk anak yang rajin dan berbakat di sekolahnya.Dalam hal pelajaran sehari-hari Hary selalu unggul dari teman-temannya.Hary memiliki prestasi kelas diatas rata-rata dan selalu menjadi bintang di kelasnya.Para guru dan temannya sangat menyukai Hary karena sangat pintar bergaul.Selain itu,para guru juga sering kewalahan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan Hary secara kritis.Setelah diadakan pemeriksaan psikologis di sekolah ternyata Hary memang memilki kapasitas intelektual (IQ) yang lebih dibandingkan dengan teman-teman sebayanya yaitu 136,yang merupakan kriteria anak berbakat.
2.Jelaskan pengalaman saudara, apakah selama ini pernah menemui anak-anak berkesulitan belajar di sekolah?
Jawab  :
Dari pengalaman saya selama ini,anak yang berkesulitan belajar di sekolah sering saya temui diantaranya seorang anak yang mempunyai prestasi belajar yang cukup memuaskan dan mempunyai perilaku yang baik serta mudah bergaul dengan teman-temannya.Namun di satu sisi,dia sangat kesulitan untuk menulis dengan rapi sehingga kadangkala tulisannya tidak dapat dibaca oleh guru maupun dirinya sendiri.Bahkan ada juga anak sekolah yang sudah duduk di bangku kelas 6 tetapi belum mampu mengahafalkan perkalian 6 sampai 9,meskipun belum beberapa lama di sebutkan oleh guru atau teman-temannya.
3.Buatlah ilustrasi anak berkesulitan belajar pada mata pelajaran membaca permulaan.
Jawab  :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak berkesulitan belajar pada mata pelajaran membaca permulaan yaitu sebagai berikut :
Wanti seorang anak kelas 3 SD dan mempunyai aktivitas yang cukup baik.prestasi belajarnya bagus seperti menulis,berhitung,dan berbicara,sehingga Wanti termasuk anak yang berprestasi.Akan tetapi,Wanti memilki kesulitan belajar terutama dalam hal membaca permulaan.Wanti sering tidak mampu membaca dengan baik  terlebih jika sedang membaca  sebuah penggalan paragraf sederhana.Jika diadakan test tentang membaca suatu teks cerita sederhana,Wanti masih sukar menggabungkan atau merangkai suku kata sehingga kesulitan untuk melakukan sintesis dan absraksi.Setelah dilakukan pemerikasaan ternyata Wanti dikatakan sebagai anak yang berkesulitan belajar spesifik.


Tes Formatif 3
Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1.Jika ada seorang anak dia memiliki prestasi belajar tinggi di atas rata-rata kelas, dan ternyata memang memiliki kapasitas intelektual (IQ) 130 maka anak ini termasuk anak ....
A.Genius
B. Pandai
C. Cepat belajar
D. Berbakat.
Jawab  :  D. Berbakat.

2.Salah satu ciri emosi sosial anak berbakat adalah ....
A. Mudah tersinggung
B. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
C. Suka menghindar dari permasalahan
D. Kurang dapat menerima teman
Jawab  :  B. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru

3.Anak usia 4 tahun duduk di TK, dia selalu bertanya terlihat seakan-akan memiliki rasa ingin tahun yang cukup tinggi, dia sulit sekali untuk duduk diam berkonsentrasi seperti teman-temanya, melihat gejala ini maka anak tersebut termasuk anak ....
A. Normal
B. Berbakat
C. Hiperaktive
D. Gangguan emosi
Jawab  :  C. Hiperaktive

4.Anak yang terlihat memiliki prestasi cukup baik, tetapi selalu menghindar jika akan diadakan kompetisi dengan berbagai alasan, maka anak tersebut sebanarnya adalah anak ....
A. Berbakat
B. Normal
C.Gifted
D. Gangguan emosi
Jawab  :  B. Normal

5.Di bawah ini adalah karakteristik anak berbakat kecuali ....
A. Kreative
B. Mudah Bergaul
C. Toleran
D. Egois
Jawab  :  D. Egois

6.Jika ada seorang anak dia memiliki rata-rata prestasi belajar baik tetapi ada satu mata pelajaran yang memiliki nilai sangat jelek jauh di bawah rata-rata kelas, maka anak ini termasuk anak ....
A.Bodoh
B. Malas
C.pandai
D. Kesulitan belajar
Jawab  :  D. Kesulitan belajar

7.Anak yang kesulitan membaca disebut dengan istilah ....
A. Disleksia
B. Disgraphia
C. Diskalkulia
D. Dispraksia
Jawab  :  A. Disleksia

8.Anak usia 4 tahun dia baru dapat bicara dengan susunan 2 kata patah-patah, maka dia termasuk anak ...
A. Normal
B. Bodoh
C. Kesulitan akademik
D. Kesulitan perkembangan.
Jawab  :   D. Kesulitan perkembangan.

9.Anak berkesulitan belajar spesifik memiliki karakteristik yang heterogin, sehingga sekolah yang sesuai adalah ....
A. Sekolah umum
B. Sekolah khusus
C.SLB
D. Sekolah inklusi
Jawab  :  D. Sekolah inklusi

 10.Di bawah ini adalah karakteristik anak berkesulitan belajar spesifik kecuali....
A. Adanya kesenjangan antara IQ dan Prestasi
B. Inteligensi Normal
C. Kapasitas intelektual (IQ) di bawah normal
D. Kesulitan pada bidang tertentu
Jawab  :  C. Kapasitas intelektual (IQ) di bawah normal