UNIT
4 :
KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
SUBUNIT I : ANAK-ANAK BERKELAINAN
FISIK
Latihan
1.Buatlah
sebuah ilustrasi yang menggambarkan keadaan anak gangguan penglihatan atau tunanetra.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan keadaan anak
gangguan penglihatan atau tunanetra
yaitu sebagai berikut :
Yudi seorang anak usia 6 tahun, dia akan masuk
sekolah dasar. Kesan lahiriah tampak Yudi adalah anak yang ceria dan penuh
semangat,akan tetapi dalam aktivitas motorik sehari-hari tampak terkesan lamban
pada kegiatan yang bersifat visual seperti mewarnai, menggambar, dan
menyebutkan nama-nama dalam gambar.Yudi dibawa oleh orang tuanya ke dokter dan
dinyatakan memiliki tingkat ketajaman (visus sentralis) 20/200, maka dia
dinyatakan sebagai anak tunanetra dan harus masuk di sekolah khusus tunanetra
seperti SLB.
2.Buatlah
sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik anak-anak yang mengalami
gangguan pendengaran atau tunarungu.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik
anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu yaitu sebagai berikut
:
Nina adalah seorang anak yang menderita gangguan pendengaran sejak
lahir, awalnya orangtuanya tidak menduga jika Nina tunarungu. Mula-mula Nina
dianggapnya anak yang baik jarang menangis dan pendiam, tetapi lama-kelamaan
setelah usia Dadi hampir 2 tahun belum dapat bicara seperti pada anak umumnya
serta tidak pernah merespon suara yang ada disekelilingnya, pada saat itulah
orang tuanya curiga terhadap perkembangan, dan kondisi Nani yang sering seperti
orang terkejut jika bertemu dengan orang lain yang datang dari belakang atau yang
muncul tiba-tiba. Maka Nani dibawa konsultasi ke dokter ahli THT dan setelah
menjani pemeriksaan pendengaran dinyatakan jika ia menderita disfungsi organ
pendengaran.
3.Buatlah ilustrasi tentang keadaan salah satu
jenis kelainan fisik.
Jawab :
Ilustrasi tentang keadaan salah satu jenis kelainan
fisik yaitu sebagai berikut :
Dini seorang anak cerebral palsy,
sejak kecil dia mengalami kelumpuhan atau kelayuhan pada anggota gerak sebelah
kanan yaitu tangan dan kaki kanannya yang disertai gangguan pada otot motorik
wicara. Dini jika berjalan terlihat sempoyongan, dan bila bicara sulit untuk
dimengerti orang lain. Pada awalnya oleh lingkungan dia dianggap sebagai anak
yang tidak normal mentalnya. Tetapi lama-kelamaan lingkungan menyadari bahwa
dia memahami dan mengerti apa yang di bicarakan orang lain, tetapi sangat sulit
untuk ekspresi responnya secara verbal maupun motorik lainnya. Setelah dia
bersekolah di sekolah khusus atau SLB untuk anak-anak tunadaksa, dia dapat
mengekspresikan maksudnya dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan dan
sedikit dapat dimengerti orang lain.
Tes Formatif 1
Pilihlah salah satu alternatif jawaban yang paling
tepat, pada setiap item berikut ini;
1. Tunanetra sering menggerak-gerakan anggota
tubuhnya, kebiasaan ini disebut ....
A. verbalism
B. Blindism
C. iritable
D. tempertantrum
Jawab : B.
Blindism
2.Tunanetra memiliki kemampuan akademik ....
A. Di atas rerata normal
B. Mengalami keterbelakangan mental
C. Tidak berbeda dengan anak normal
D. Selalu di bawah normal
Jawab : C.
Tidak berbeda dengan anak normal
3.Dalam bersosialisasi tunanetra menunjukkan ....
A. Kemandirian
B. Lebih bergantung dengan orang lain
C. Merasa rendah diri
D. semuanya benar
Jawab : B.
Lebih bergantung dengan orang lain
4.Kemampuan akademis anak-anak tunarungu
menunjukkan ....
A. Lebih rendah dari anak normal
B. Memiliki kemampuan di atas rerata normal
C. Tidak berbeda dengan anak normal
D. Disertai keterbelakangan mental
Jawab : C.
Tidak berbeda dengan anak normal
5. Dalam pergaulan atau bersosialisasi tunarungu
sering menunjukkan sikap ....
A. Curiga
B. Minder
C. Mudah marah
D. Agresif
Jawab : A.
Curiga
6. Hilangnya indera pendengaran secara mekanis akan
mengakibatkan anak tunarungu dalam menghadapi sesuatu menunjukkan sikap ....
A. Mudah terkejut
B. Selalu terikat oleh waktu
C. Lamban bereaksi
D. Tidak peduli
Jawab : A.
Mudah terkejut
7.Hilangnya pendengaran mengakibatkan anak
tunarungu tidak pernah menerima bunyi bahasa sehingga tunarungu selalu
berkaitan dengan ....
A. Gangguan emosi
B. Kemampuan akademik
C. Gangguan wicara
D. Gangguan motorik
Jawab : C.
Gangguan wicara
8.Gangguan atau kelainan neuro-muscular terjadi
pada anak tunadaksa jenis ....
A. Polio
B. Cerebral palsy
C. Amputasi
D. Terbelakang mental
Jawab : B.
Cerebral palsy
9. Tunadaksa yang sering disertai dengan
keterbelakangan mental adalah ....
A. Cerebral palsy
B. Tunadaksa ringan
C. Polio
D. Amputasi
Jawab : A.
Cerebral palsy
10.
Karakteristik emosi-sosial tunadaksa menunjukkan ....
A. Mudah tersinggung
B. Mudah curiga
C. Minder (kurang percya diri)
D. Mudah marah
Jawab : C.
Minder (kurang percya diri)
SUBUNIT 2 : ANAK BERKELAINAN
MENTAL EMOSIONAL
Latihan
1.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak
tunagrahita ringan atau mampu didik.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak
tunagrahita ringan atau mampu didik yaitu sebagai berikut :
Iwan adalah anak usia 11 tahun dan sudah duduk di
bangku kelas 6 SD.Selama mengikuti kegiatan pembelajaran,Iwan terbilang lamban
di sekolahnya dalam hal prestasi akademik.Iwan hanya mampu membaca,menulis,dan
berhitung dengan susah payah.Selain itu Iwan hanya mampu melakukan pekerjaan
yang tidak membutuhkan banyak pemikiran.Berdasarkan ciri-ciri tersebut maka
Iwan dapat digolongkan sebagai anak tunagrahita ringan yang mampu didik.
2.Jelaskan pengalaman di lingkungan saudara,
tentang keberadaan anak tunagrahita.
Jawab :
Keberadaan anak tunagrahita di lingkungan saya
sangat jarang di jumpai namun bukan berarti tidak ada.Terdapat 2 orang anak
tunagrahita yaitu tunagrahita ringan(mampu didik) dan anak tunagrahita
mampulatih.Anak tunagrahita ringan saat ini telah berumur 17 tahun dan sudah
mampu bekerja sebagai kuli bangunan saja.Anak tunagrahita mampulatih saat ini
telah berumur 11 tahun dan dapat mengurus dirinya sendiri tetapi jauh dari
kemampuan anak-anak normal di sekitarnya serta membutuhkan pengawasan dari
orang tuanya.
3.Buatlah ilustrasi tentang karakteristik perilaku
anak tunalaras.
Jawab :
Sebuah ilustrasi tentang karakteristik perilaku
anak tunalaras yaitu sebagai berikut :
Desti adalah seorang anak laki-laki yang sudah
duduk di kelas 6 SD.Dalam kehidupan sosialnya sehari-hari di sekolah,Desti
sering dilaporkan oleh teman-teman kepada wali kelas maupun kepala sekolah
karena sering memukul teman-teman perempuan di kelas meskipun hanya masalah
sepele.Namun ketika diadili oleh wali kelas terlebih lagi oleh kepala sekolah
dia sering ketakutan bahkan sampai menangis.Dalam menerima pelajaran dia sering
mengantuk dan merasa bosan akan pelajaran yang diterima dari guru.Sehingga
Desti sering bolos sekolah dan pergi bergaul dengan anak-anak kelompok
anak-anak nakal.Di rumah,Desti seakan merasa tidak nyaman sehingga lebih banyak
menghabiskan waktunya bersama teman-temannya di luar rumah.Karakteristik Desti
yang demikian menempatkan Desti sebagai salah satu anak tunalaras.
Tes Formatif 2
Pilihlah salah satu alternatif
jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1. Anak tunagrhita ringan
memiliki kapasitas inteligensi (IQ) ....
A.>70
B. <90
C.>70
D. Antara 50 – 70
Jawab : D.
Antara 50 – 70
2. Istilah lain dari tunagrahita
adalah, kecuali ....
A. Slow learners
B. Terbelakang mental
C. Tunamental
D. Moron
Jawab : A. Slow
learners
3. Anak mampulatih memiliki
kapasitas inteligensi (IQ) ....
A. 50 -70
B. 70 – 90
C. 30 – 50
D. Kurang dari 30
Jawab : C. 30 –
50
4. Ada seorang
anak diketahui tunagrahita, yang memiliki ciri mata sipit, bibir tebal, sulit
bicara, tubuh pendek kelit agak kasar, anak ini dikenal dengan tipe klinis ....
A. Hidro cephalus
B. Micro cephalus
C. Down’s syndrome
D. Debil
Jawab : C.
Down’s syndrome
5. Anak tunagrahita yang sudah tidak mampu dididik
dan dilatih dikenal dengan istilah ....
A.Debil
B. Imbesil
C.Moron
D. Idiot
Jawab : D.
Idiot
6. Anak tunalaras yang berperilaku menyerang dan
merusak dikenal dengan:
A. Hiperaktive
B. Agresive
C. Tempertantrum
D. Hipoaktive
Jawab : B.
Agresive
7. Anak tunalaras sering ditemukan tidak naik
kelas, hal ini dikarenakan ....
A. Kapasitas intektualnya rendah
B. Terbelakang mental
C. Adanya gangguan perilaku
D. memiliki IQ di bawah normal
Jawab : C.
Adanya gangguan perilaku
8. Perilaku
tunalaras yang sering melanggar norma atau tidak dapat menyesuaiakan diri
dengan lingkungan dikenal dengan ....
A. Kriminal
B. Maladjusted
C. Agrsive
D. Distruktive
Jawab : B.
Maladjusted
9. Tunalaras
memiliki karakteristik suka ketakutan tanpa alasan, ini merupakan manifestasi
dari adanya ....
A. Kecemasan
B. Gangguan jiwa
C. Hiperaktive
D. Distruktive
Jawab : A.
Kecemasan
10.Tunalaras
yang menunjukkan prestasi belajar rendah karena gangguan perhatian disebut
dengan istilah ....
A.Debil
B. Anxietas
C. Distruktive
D. Atention deficit disorders (ADD)
Jawab : D. Atention deficit disorders (ADD)
SUBUNIT 3 : ANAK BERKELAINAN
AKADEMIK
Latihan
1.Buatlah sebuah ilustrasi yang menggambarkan
karakteristik anak berbakat intelektual.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan karakteristik
anak berbakat intelektual yaitu sebagai berikut :
Hary adalah
seorang anak kelas 5 SD dan termasuk anak yang rajin dan berbakat di
sekolahnya.Dalam hal pelajaran sehari-hari Hary selalu unggul dari
teman-temannya.Hary memiliki prestasi kelas diatas rata-rata dan selalu menjadi
bintang di kelasnya.Para guru dan temannya sangat menyukai Hary karena sangat
pintar bergaul.Selain itu,para guru juga sering kewalahan menjawab setiap
pertanyaan yang dilontarkan Hary secara kritis.Setelah diadakan pemeriksaan
psikologis di sekolah ternyata Hary memang memilki kapasitas intelektual (IQ)
yang lebih dibandingkan dengan teman-teman sebayanya yaitu 136,yang merupakan
kriteria anak berbakat.
2.Jelaskan
pengalaman saudara, apakah selama ini pernah menemui anak-anak berkesulitan
belajar di sekolah?
Jawab :
Dari pengalaman saya selama ini,anak yang
berkesulitan belajar di sekolah sering saya temui diantaranya seorang anak yang
mempunyai prestasi belajar yang cukup memuaskan dan mempunyai perilaku yang
baik serta mudah bergaul dengan teman-temannya.Namun di satu sisi,dia sangat
kesulitan untuk menulis dengan rapi sehingga kadangkala tulisannya tidak dapat
dibaca oleh guru maupun dirinya sendiri.Bahkan ada juga anak sekolah yang sudah
duduk di bangku kelas 6 tetapi belum mampu mengahafalkan perkalian 6 sampai
9,meskipun belum beberapa lama di sebutkan oleh guru atau teman-temannya.
3.Buatlah ilustrasi anak berkesulitan belajar pada
mata pelajaran membaca permulaan.
Jawab :
Sebuah ilustrasi yang menggambarkan anak
berkesulitan belajar pada mata pelajaran membaca permulaan yaitu sebagai
berikut :
Wanti seorang
anak kelas 3 SD dan mempunyai aktivitas yang cukup baik.prestasi belajarnya
bagus seperti menulis,berhitung,dan berbicara,sehingga Wanti termasuk anak yang
berprestasi.Akan tetapi,Wanti memilki kesulitan belajar terutama dalam hal
membaca permulaan.Wanti sering tidak mampu membaca dengan baik terlebih jika sedang membaca sebuah penggalan paragraf sederhana.Jika
diadakan test tentang membaca suatu teks cerita sederhana,Wanti masih sukar
menggabungkan atau merangkai suku kata sehingga kesulitan untuk melakukan
sintesis dan absraksi.Setelah dilakukan pemerikasaan ternyata Wanti dikatakan
sebagai anak yang berkesulitan belajar spesifik.
Tes Formatif 3
Pilihlah salah satu alternatif
jawaban yang paling tepat, pada setiap item berikut ini;
1.Jika ada seorang
anak dia memiliki prestasi belajar tinggi di atas rata-rata kelas, dan ternyata
memang memiliki kapasitas intelektual (IQ) 130 maka anak ini termasuk anak ....
A.Genius
B. Pandai
C. Cepat belajar
D. Berbakat.
Jawab : D.
Berbakat.
2.Salah satu ciri
emosi sosial anak berbakat adalah ....
A. Mudah tersinggung
B. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang
baru
C. Suka menghindar dari permasalahan
D. Kurang dapat menerima teman
Jawab : B.
Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
3.Anak usia 4 tahun
duduk di TK, dia selalu bertanya terlihat seakan-akan memiliki rasa ingin tahun
yang cukup tinggi, dia sulit sekali untuk duduk diam berkonsentrasi seperti
teman-temanya, melihat gejala ini maka anak tersebut termasuk anak ....
A. Normal
B. Berbakat
C. Hiperaktive
D. Gangguan emosi
Jawab : C.
Hiperaktive
4.Anak yang
terlihat memiliki prestasi cukup baik, tetapi selalu menghindar jika akan
diadakan kompetisi dengan berbagai alasan, maka anak tersebut sebanarnya adalah
anak ....
A. Berbakat
B. Normal
C.Gifted
D. Gangguan emosi
Jawab : B.
Normal
5.Di bawah ini
adalah karakteristik anak berbakat kecuali ....
A. Kreative
B. Mudah Bergaul
C. Toleran
D. Egois
Jawab : D.
Egois
6.Jika ada
seorang anak dia memiliki rata-rata prestasi belajar baik tetapi ada satu mata
pelajaran yang memiliki nilai sangat jelek jauh di bawah rata-rata kelas, maka
anak ini termasuk anak ....
A.Bodoh
B. Malas
C.pandai
D. Kesulitan belajar
Jawab : D.
Kesulitan belajar
7.Anak yang
kesulitan membaca disebut dengan istilah ....
A. Disleksia
B. Disgraphia
C. Diskalkulia
D. Dispraksia
Jawab : A.
Disleksia
8.Anak usia 4
tahun dia baru dapat bicara dengan susunan 2 kata patah-patah, maka dia
termasuk anak ...
A. Normal
B. Bodoh
C. Kesulitan akademik
D. Kesulitan perkembangan.
Jawab : D. Kesulitan perkembangan.
9.Anak
berkesulitan belajar spesifik memiliki karakteristik yang heterogin, sehingga
sekolah yang sesuai adalah ....
A. Sekolah umum
B. Sekolah khusus
C.SLB
D. Sekolah inklusi
Jawab : D.
Sekolah inklusi
10.Di bawah
ini adalah karakteristik anak berkesulitan belajar spesifik kecuali....
A. Adanya kesenjangan antara IQ dan Prestasi
B. Inteligensi Normal
C. Kapasitas intelektual (IQ) di bawah normal
D. Kesulitan pada bidang tertentu
Jawab : C.
Kapasitas intelektual (IQ) di bawah normal